Traveling Tips Traveling

10 kegiatan Wajib Traveling di Turki

10 KEGIATAN WAJIB TRAVELING DI TURKI – Holla, Mbak Turis is back ! Seminggu tak nulis blog nih, jadi tangan ‘gatel’ mau nulis banyak hehehe. Jadi, belum lama ini saya melewatkan hampir 9 hari keliling sejumlah kota di Turki. Traveling di Turki selalu menyenangkan, trip kali ini, bahkan menjadi trip saya yang ke 5 kalinya.
Sebelumnya saya pernah beberapa kali ke Istanbul dan Ankara. Kini, giliran saya menyambangi kota lainnya di Turki, mulai dari Bursa, Cappadocia, Amasya hingga berakhir di Istanbul. Nanti saya bikin tulisan detail tentang perjalanan di  masing – masing kota ya.
10 kegiatan saat traveling di turki
10 Hal wajib dilakukan saat di Turki
Traveling ke Turki, selalu menyenangkan terutama di awal musim gugur dengan suhu belum terlalu dingin. Naik balon udara pun, punya potensi lebih besar naik dibandingkan musim lain karena kadang jadwal dibatalkan akibat cuaca tak mendukung.
Dari bekal traveling keliling Turki kali ini, saya mau kasih tahu kamu ide kegiatan wajib yang harus kamu coba saat traveling ke Turki. Percayalah, traveling di Turki  selalu menyenangkan, jadi sebenarnya ada lebih dari 10 hal wajib yang harus kamu lakukan saat traveling di  Turki.

Lakukan 10 Hal ini saat di Turki 

1. Naik balon udara 
Datanglah ke Cappadocia yang terletak di Provinsi Nevsehir atau berada di wilayah tengah Turki. Disanalah, ratusan balon udara mewarnai langit setiap pagi. Sebenarnya tidak setiap pagi karena balon udara terbang benar-benar karena faktor cuaca yang baik.

naik balon udara di turki
Sensasi menyenangkan Balon Udara di Turki 
Kamu bisa pesan reservasi naik balon udara melalui agent resmi di hotel tempatmu menginap. Harganya 1.7 juta Rupiah untuk satu orang dengan durasi 1 jam melayang di udara. Kadang, saat cuaca buruk dengan angin yang kencang, balon udara tak bisa terbang. Jadi, faktor keberuntungan berperan disini.
Beruntung saya bisa menaiki balon udara, melihat langsung magisnya bebatuan cadas tinggi berlubang khas Cappadocia. Tenang, cerita lengkapnya akan saya tulis lagi lengkap dengan videonya ya.
2.  Makan Simit
List selanjutnya tentang hal wajib saat traveling di Turki adalah tentang makanan. Kamu tahukan, saya suka wisata kuliner. Meskipun, makanan Turki menurut saya terasa hambar, namun kamu tetap harus coba makan Simit.

makan simit di turki
Roti Simit khas Turki
Simit adalah roti berbentuk melingkar dengan tekstur empuk di dalam namun garing diluar. Ditaburi biji wijen dengan wangi yang super bikin laper.
Harganya kisaran 1 – 2 Lira atau 3ribuan rupiah saja. Ukurannya yang besar cocok untuk traveller yang mau berhemat. Makan satu untuk mengganjal perut separuh hari. Simit juga enak dicocol untuk kuah makanan apapun. Rasanya cenderung tawar jadi enak untuk cocolan.
 
 
3. Minum jus delima
Jus delima super murah dan segar di Turki. Meskipun di Indonesia juga ada, penjual buahnya ada tapi sekaligus dibuat jus agak jarang.

Hampir
di sepanjang jalan kaki lima ada penjual jus delima. Buah delima di
Turki berukuran lebih besar jadi satu buah bisa untuk gelas ukuran
besar.

minum jus delima di turki
Segarnya Jus Delima di Turki
4. Makan Kebab
Kebab di Turki ternyata berbeda dengan pengertian Kebab yang ada di Indonesia. Di Indonesia, saat kita memesan Kebab maka yang keluar adalah irisan daging yang telah dibungkus kulit Tortilla panggang.
Ternyata di Turki, Kebab adalah makanan yang berbahan dasar utama berupa daging. Biasanya tidak dibungkus tortilla, tapi di makan dengan salad sayur dan roti.  Kebab yang kita sering kita lihat terbungkus Tortilla biasa disebut Shawarma. Jadi jangan sampai salah ya.
Makan makanan  bahan olahan daging di Turki juga menarik, tentunya dengan daging terasa sangat empuk, namun sayang saya masih mencium bau ‘daging banget’ di hampir semua restoran kebab yang saya datangi.
Saya berkesimpulan, mereka suka aroma ‘daging’ dari Kebab, berbeda dengan kita yang tak suka bau daging dalam makanan.
 
5. Minum kopi di cafe 
Orang Turki ternyata suka minum teh dan kopi di pinggir jalan aka Cafe. Kedai kopi di Turki terutama Istanbul menjamur di sepanjang jalan terutama di sekitar spot wisata.
Menurut saya, menyesap kopi dengan pemandangan bangunan klasik dan suhu dingin menjadi perpaduan sempurna, terlebih hampir semua kedai kopi di Turki punya racikan kopi yang enak.
 
6.  Keliling Masjid 
Masjid atau Cami di Turki punya rancang bangun yang sangat memanjakan mata. Sempatkan untuk datang ke Masjid bersejarah yang ada di sejumlah kota di Turki.
7. Belanja 
Belanja ngak boleh dilewatkan dong. Turki punya kerajinan tangan yang super cantik dalam bentuk apapun. Mulai dari karpet hingga tempat sabun yang bagus banget. Cocok buat dipakai sendiri atau buat oleh-oleh.
 
 
8. Kenalan dengan orang lokal 
Pria Turki menurut saya masuk kategori ganteng, banyak sih yang genit. Wajar saja kalau ganteng dan genit hehehhe.
Orang Turki memang masuk dalam kategori agak cuek menurut saya ya. Muka mereka lempeng banget, apalagi kalau lihat turis seperti kita.
Tapi, sebenarnya mereka sangat friendly dan open minded. Orang Turki sangat modern namun di beberapa kota mereka sangat konservatif. Pahami kultur budaya masyakat setempat sebelum berkenalan lebih lanjut. Kota Amasya adalah tempat favorit yang menurut saya memiliki masyarakat yang sangat ramah.
9. Keliling kota lain selain Istanbul
Saat menyebut Turki, orang tahunya Istanbul. Meskipun bukan ibu kota, namun Istanbul memang kota dengan penuh jejak sejarah bangsa Turki. Jadi, datang ke Istanbul adalah keharusan.

traveling ke pamukkale di turki
Tempat ini ada di Pamukkale sekitar 6 jam dari Istanbul
Namun, saya sarankan langkahkan juga kaki ke kota lainnya yang juga tak lepas dari sejarah. Tahu sendirikan kalau Turki pernah diduduki banyak bangsa, jadi adalah keharusan untuk melihat juga kota lainnya selain Istanbul untuk didatangi.
Tenang, saya akan kasih detail setiap kota yang saya datangi dalam 9 hari traveling keliling Turki.
 
10. Melintasi selat Bosporus 
Selat Bosporus adalah selat istimewa penghubung bagian Asia dan Eropa di Turki. Sejak dahulu hingga kini selat ini menjadi muara kehidupan hilir mudik warga Turki. Sepanjang selat Bosporus kamu juga dapat melihat sisa sisa istana atau bangunan bersejarah.

traveling menyusuri selat bosporus
Teduhnya pemandangan dari Ferry di Selat Bosporus
Percayalah, keliling Turki memang membutuhkan waktu berhari-hari tapi pengalamannya tak ternilai. Saat masuk ke satu kota baru dan beranjak ke kota lainnya, seakan memasuki dimensi lain karena semua kota terlihat sangat berbeda.
Banyak hal yang bisa dilakukan saat traveling di Turki. 10 hal favorit saya saat datang ke Turki meliputi datang ke sejumlah kota di luar Istanbul, naik balon udara hingga menikmati kopi panas khas Turki di pinggir jalan.
Liebe
Turis Cantik

Leave a Reply

Instagram