Lifestyle Traveling

4 Tanaman Pengusir Nyamuk!

4 TANAMAN PENGUSIR NYAMUK! Membaca surat kabar dan menonton tayangan televisi tentang wabah demam berdarah membuat saya bergidik. 
Bagaimana tidak lokasi rumah saya di Tangerang masuk dalam zona merah alias tempat paling banyak korban DBD dengan jumlah kematian yang juga tinggi.  (sumber data: Harian kompas februari 2016)

Nyamuk memang sulit ditaklukkan terutama di musim penghujan ini.  Pencegahan atas mewabahnya nyamuk Aedes aegypti  harus ditingkatkan dengan Pengasapan atau fogging dan 3M (menutup, menguras dan menimbun) 

Tapi kalau pun pencegahan sudah dilakukan,  saya tetap resah gulana apalagi sekarang sudah punya anak kecil. Rasanya kok ya jadi makin deg-degan. 

Ada kah langkah pencegahan lain yang bisa kita lakukan selain kegiatan diatas?  

Tidak segaja saya mendengar perbincangan geng emak-emak di commuter line yang resah juga dengan mewabahnya demam berdarah.  Apalagi kalau sudah ada tetangga yang terjangkit ihhh.. rasanya mau pindah rumah aja.  Salah satu emak bilang, kalau dia khusus memesan? Tanaman Anti Nyamuk dari Papua.  Kabarnya tanaman ini ampuh mengusir nyamuk karena wanginya yang aneh dan tak disukai. Pas saya browsing ternyata yang dimaksud adalah Zodia!

Emak lain menimpali Bunga lavender juga bisa di tanam karena juga pengusir nyamuk bahkan bunga ini sering dijadikan bahan utama pembuatan lotion anti nyamuk.  Lavender wanginya sumbringah buat manusia tapi membuat nyamuk mau muntah ( aneh banget sih nyamuk 🙂 

Asiknya lagi,  masih menurut emak-emak itu semua bisa di tanam di kebun rumah sendiri. 
Jaman sekarang memang jarang orang yang punya taman apalagi lagi kalau kamu tinggal di rumah susun dengan bahasa keren sekarang apartemen 🙂  atau di perumahan yang tak menyisakan lahan sedikit pun untuk penghijauan.  Too bad,  tapi tenang 4 Tanaman Pengusir Nyamuk   ini bisa di tanaman dalam pot! 🙂 

1.   Lavender


Lavender punya banyak sekali manfaat dengan warna unggu yang cantik.  Kekuatan Lavender untuk mengusir nyamuk terletak pada wanginya yang mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang tak disukai nyamuk. 

Biasanya lavender di tanam atau diletakkan di dalam pot di sekitar sudut ruangan, dekat ventilasi atau pintu sehingga nyamuk enggan masuk lebih dalam ke dalam rumah. Lavender juga bisa di gosokkan langsung ke kulit cara ini yang saya pakai kalau naik gunung jaman kuliah.  Entah kenapa lotion anti nyamuk bikin kulit saya perih karena mungkin kulit saya terlalu sensitif.

Tapi kalau kamu ngak masalah dengan lotion nyamuk pilihlah lotion yang meraroma lavender krn paling efektif.  Banyak produsen lotion atau spray anti nyamuk sekarang yang menawarkan berbagai varian aroma mulai dari jeruk sampai aroma green tea. 

Nah saya pesan biji bunga lavender dari pedagang tanaman online.  Harganya sekitar 20.000 untuk 80an biji lavender. Apabila sudah tumbuh dengan ketinggian 15-20cm bisa dipindahkan ke pot. Tukang bunga dipinggir jalan juga banyak yang jual kok.


2. Zodia 


Inilah tanaman yang menjadi perbincangan emak-emak di atas commuter line dalam cerita saya di awal tadi.  Zodia merupakan tanaman yang hanya tumbuh di Papua Indonesia.  Zodia memang selama ini di kenal dengan tanaman anti nyamuk karena mampu mengusir nyamuk dalam enam jam dengan daya perlindungan lebih dari 70%. 
Hampir sama dengan Lavender kekuatan Zodia juga terletak pada aromanya.  Bila daun-daunnya saling menggosok zodia akan mengeluarkan wangi yang tak disukai nyamuk tapi kecium sama kita juga biasa aja alias ngak menyengat.  Zodia cocok buat kamu yg punya rumah berukuran besar untuk di letakkan sebelum pintu masuk rumah.  Aromanya wangi tapi kalau dimasukkan ke dalam rumah atau kamar sempit bisa membuat pusing.  
Namun sayang,  zodia kayaknya ngak cocok ditanam di tangerang selatan yang panas.  Tanaman ini akan cepat mati bila terpapar langsung sinar matahari, cocoknya ditanam di wilayah yang dingin misalnya di kawasan puncak, bandung.  Kalau mau pesan atau beli bisa dalam bentuk biji,tanaman ini cocok di tanam dalam pot dan bisa diperbanyak dalam cara stek ranting.

3. Serai Wangi

Buat kamu yang suka masak di dapur mungkin sudah tak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini.  Serai wangi ternyata juga ampuh dalam mengusir nyamuk loh. Serai mengandung zat geraniol, metilheptenon dan asam sitonelal yang beracun untuk nyamuk hingga serangga.  
Cara menanamnya pun mudah hanya dengan pemisahan stek dengan anakan.  Tapi,  kamu musti dapetin serai yang masih berakar. Potong bagian bawah. 
Tapi karena saya merasa ribet dan susah cari yang masih ada akar saya memilih memakai karbol yang terbuat dari serai wangi.  Selain nyamuk, serangga pun mati kalau pakai karbol ini. 

4. Geranium atau Tapak Dara

Add caption



Saya sering banget melihat bunga ini tumbuh liar di pekarangan rumah tetangga saya di cibubur.  Sekarang saya malah baru tahu kalau namanya Tapak Dara.  Geranium atau tapak dara selamay ini memang dikenal sebagai bunga pengusir nyamuk yang tumbuh subur di indonesia. Senjata pamungkasnya adalah zat Citronella yang terkandung dalam wanginya. 
Kalau mau beli yang warnanya cantik bisa membeli di tukang bunga dengan harga 25.000 per pot.  Geranium bisa diletakkan di sekitar pintu masuk rumah atau pekarangan.  

Nah kalau salah satu dari tanaman sudah ada di pekarangan rumah jangan lupa juga melakukan pencegahan nyamuk demam berdarah dengan melakukan 3M.
Add caption
Khusus untuk anak jangan lupa mengoleskan minyak telon anti nyamuk setiap enam jam sekali, jaga staminanya dengan ASI dan asupan makanan bergizi dan kenakan pakaian panjang terutama di pagi dan sore hari.  Nah sekarang tahu kan apa aja 4 TANAMAN PENGUSIR NYAMUKyang bisa kamu tanam di rumah 😉 
Selamat mencoba.. 

Love, 
Turiscantik 

Leave a Reply

Instagram