Traveling Tips Traveling

5 Alat Foto Wajib dibawa saat Solo Traveling

Mau tetap eksis saat traveling sendirian alias Solo Traveling?. Pastikan kamu memiliki alat foto yang mumpuni, agar hasil foto kece dan semua bisa dilakukan sendirian loh. Saya sebenarnya jarang banget swa foto, lebih senang motret pemandangan lainnya saat trip. Saya juga jarang pegang telpon genggam untuk sekedar berselancar maya, buat saya setiap detik trip sangat berharga.
Alat foto wajib dibawa saat solo trip
Tapi profesi tambahan saya sebagai blogger, kini menutut saya untuk punya banyak foto hasil swa foto, bukan untuk tujuan ‘pamer’ sih tapi sepertinya persedian foto yang banyak penting banget untuk melengkapi tulisan di blog. Itulah sebabnya, saat solo traveling bawan saya justru paling banyak adalah perlengkapan foto. Harap bersabar membaca tulisan ini karena agak panjang, saya soalnya nulisnya penuh dedikasi dan berharap kamu dapat gambaran detail tentang alat – alat yang perlu dibawa.

Kenapa Harus Bawa Peralatan Foto Lengkap Saat Solo Traveling?

Saya sering mendapat pertanyaan ” Mbak Turis kalau solo trip yang motret siapa? “. Saya selalu motret sendiri sis, jarang saya minta fotoin orang karena takut kecewa dengan hasilnya. Intinya gini, kadang orang yang traveling itu ‘ in a rush ‘ mungkin orang tersebut lagi buru-buru jadi hasil foto kamu blur, mungkin juga orang tersebut dalam hatinya keberatan saat dimintai tolong dan itu terlihat dari hasil fotonya yang miring.
Saya merasa saat solo traveling kita benar-benar harus mandiri, bukan sekedar mampu melakukan perjalanan sendiri, atur budget sendiri tapi juga mampu motret sendiri.  Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa membawa peralatan yang membantu kamu motret saat penting saat solo trip.
5 alat bantu favorit saya saat solo trip

1. Hasil Foto Akan Bagus

Saat motret, paling pas kalau hasil foto terlihat seperti yang kita mau baik pose atau angelnya. Seringnya kalau foto diambil oleh orang lain, hasilnya tidak seperti yang kita mau. Ngak bisa diharapkan banyak juga, mungkin orang yang kamu minta bantu untuk fotoin juga bukan juru foto atau at least orang yang ngerti photography. Mangkanya bawa alat motret sendiri ya, agar hasil fotonya sesuai dengan keinginan.

2. Tidak Membuang Waktu

Pernah ngak, merasa kalau ngak puas motret kamu bisa menghabiskan banyak waktu motret ulang, sampai merasa dapat foto yang kece. Nah, kalau kamu minta bantuan orang motret, saya sih juga yakin waktu yang terbuang akan lebih banyak. Dengan membawa peralatan sendiri, ngak akan ada waktu terbuang

3. Stok Foto Akan Banyak

Punya banyak persediaan foto untuk blogger seperti saya ternyata penting banget loh. Kadang, ada client perlu foto dengan pose tertentu, saya harus foto ulang. Itulah sebabnya, saat traveling saya motret dengan agresif. Kalau kamu bukan blogger, punya koleksi foto banyak juga penting loh. Kadang kalau kita mau cetak foto, atau lihat hasilnya jelek akan banyak pilihan kalau stoknya banyak kan.
Awalnya saya malu tuh kalau harus foto depan umum, tapi seiring waktu mungkin urat malu saya udah putus. Selama pose atau lokasi yang diambil tidak berbahaya saya sih ‘action’ aja hehehe.

5 Alat Foto yang Wajib dibawa

Alat foto seperti apa yang harus dibawa sih Mbak Turis?, menurut saya sih sesui kebutuhan. Kamu perlu juga memahami kamu trip mau ada acara kerja, liburan aja, perlu tidak banyak foto. Kalau memang liburan sendirian dan banyak pindah kota, bekali diri dengan telpon genggam  resolusi kamera baik dan selfie stick juga sudah cukup. Pelajari saja cara memotret selfie yang baik dengan tongsis. Ada caranya di Youtube atau Pinterest ya sis.

1. Tripod

Tripod andalan merk Wifeng
Tripod yang saya beli merknya Weifeng, beli di e – commerce. Ada tiga ketinggian yang bisa kamu pilih. Saran saya pilih tripod yang level ketinggiannya medium saja, karena jarak antara kamu dengan tripod usahakan jarang terlalu jauh. Alasannya karena kadang ada pencurian atau angin kencang tak terduga yang menjatuhkan tripodmu.
Pilih tripod yang ringan, menurut saya merk Weifeng atau Yuteng masuk dalam kategori ringan. Banyak juga travel blogger yang merekomendasikan tripod ini. Kalau kamu pakai handphone tak perlu memilih tripod yang berat, lain hal bila kamu mau pakai kamera SLR atau Mirrorless. Saya sarankan pilih tripod yang lebih kokoh misalnya merk Atalanta. Harganya memang agak mahal sih, tapi
Tripod tidak bisa masuk ke dalam kabin pesawat, masukkan ke dalam bagasi ya. Saat liputan( kebetulan saya kerja jadi wartawan ) seringnya tripod saya masukkan kabin dengan ijin khusus termasuk kamera segede gaban itu. Tapi kini aturan sudah berbeda, terakhir saya liputan bawa tripod ke kabin dengan ijin khusus dan tripod di wrapped dengan plastik khusus.

2. Monopod

Tongsis dan Monopod andalan
Saya pakai monopod untuk yicam sport saya. Monopod paling pas digunakan memang untuk kamera kecil seperti GoPro atau Yicam. Saya beli merk Atalanta. Monopod paling jarang saya pakai, kebetulan Yicam saya baterainya cepet banget abis. Males bolak-balik ganti baterai hanya demi video 30menit, akhirnya saya beralih ke hand phone biasa.

3. Gorilla Gurita

Gorilla Gurita bisa diletakkan di mana pun
Salah satu alat bantu motret paling berguna menurut saya adah gorilla gurita. Ukurannya ada dari S – L, kalau pakai handphone saya sarankan pakai ukuran M kalau pakai SLR atau Mirrorless pakai ukuran L karen lebih kokoh.
Gorilla Gurita ini bisa digantung, dililitkan di benda atau berdiri kokoh di mana pun. Saya pernah dirikan diatas pasir pantai dan lumayan kokoh asal tidak ada hempasan angin kencang. Benda ini paling sering saya bawa saat solo trip.

4. Mini Tripod

Mini Tripod andalan saat traveling
Ini juga salah satu benda wajib dibawa saat traveling. Mini Tripod sesuai namanya adalah tripod berbentuk mini yang mudah dibawa, bisa masuk kabin pesawat dan bisa diletakkan dimana pun. Biasanya saya letakkan diatas benda datar seperti buku, meja, kursi dll.

5. Tongsis / Selfie Stick

Hayoo siapa yang tidak punya Tongsis?? Saya rasa hampir semua orang punya selfie stick terutama orang Asia. Barang wajib yang selalu ada saat traveling. Pilihan tongsis sekarang banyak banget tapi pilih yang kokok dan tidak terlalu panjang jadi bisa tetap masuk kabin pesawat.

Beli dimana Alat Bantu Fotonya?

Saya biasa beli di toko kamera, e-commerce, ITC atau pasar. Banyak yang jual semua alat diatas asal kamu sebut bendanya dengan tepat. Pilih sesuai kebutuhan ya, harganya juga ngak mahal kok. Paling mahal gorilaz ukuran L kisaran Rp 150.000.

Tips Penting Motret Saat Solo Traveling

Sebetulanya, kenyamanan saat mengambil foto sendiri bisa dipelajari seiring dengan banyak berlatih dan pengalaman. Kamu akan menemukan dimana enaknya, gimana posenya, cara mudah menghilangkan rasa malu dengan banyak pengalaman. Berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan, berikut ada tips ala Turis Cantik untuk motret saat solo trip.

1.  Perhatikan aturan dalam Moda Transportasi

Setiap moda transportasi, pasti punya aturan tentang barang bawaan terutama pesawat terbang. Seingat saya, benda tumpul maksimal 8cm boleh masuk kabin dengan catatan benda tersebut ringan dan tidak berpotensi membahayakan keselamatan pesawat. Aturan di berbagai maskapai penerbangan dan otoritas bandara di berbagai negara tentu berbeda, ngak enak juga kalau tiba-tiba tongsis kesayangan disita. Kadang saya bawa mini tripod ke kabin karena ukurannya dibawah 8cm, tapi biar aman selalu saya bawa masuk bagasi semua.

2. Atur Jarak

Pastikan, jarak kamu dan tripod tidak terlalu jauh. Gampangnya gini, kamu harus gampang menjangkau tripodmu. Saya pernah lihat ada orang asik foto, tiba-tiba tripod dan kameranya digondol maling.Jarak antara tripod dan orangnya agak jauh, jadi sang maling sudah terlalu jauh untuk dikejar.  Jadi pastikan jaraknya aman ya. Ngak perlu juga kok foto dengan pemandangan full, kadang malah sudut pengambilan foto yang agak miring justru hasilnya lebih kece.

3. Beli remote ( bila perlu )

Lebih nyaman memang, bila hand phone atau kamera kita dilengkapi dengan remote control. Tapi ini tambahan bila perlu saja, kalau saya lebih seneng pakai count down atau hitung mundur dari timer saja.
Nah, kini kamu sudah tahu banget kan detail alat bantu motret yang harus dibawa saat traveling. Intinya bawa sesuai kebutuhan tak harus punya semua ya kok. Selamat motret dan jalan-jalan ya!. Lebih lengkap tentang alat motret yang harus dibawa, kamu bisa tonton di video di bawah ini ya.

Liebe,
Turis Cantik

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: “ca-pub-6549573296716579”,
enable_page_level_ads: true
});

Leave a Reply

Instagram