Review

5 Rekomendasi Drama Korea Anti Mainstream


Apa sih rekomendasi drama korea menurut Mbak Turis ? Banyak yang tanya ke saya, tentang rekomendasi drama korea favorit yang sedang saya tonton.

Jujur saja, saya agak pemilih nonton drama korea. Mungkin karena sudah nonton kebanyakan cerita drama korea romantis, sekarang saya memilih drama korea dengan cerita agak beda.

rekomendasi drama korea
Rekomendasi Drakor Anti Main stream



Seperti halnya film atau mini series dari negara lain, Korea Selatan punya banyak sekali Drama Korea atau Drakor yang ceritanya Anti Mainstream. Ditulis dengan alur cerita yang apik, pemain berkarakter dan tak melulu cakep dan ganteng sebagai magnet utama.

Saya merekomendasikan 5 drama korea Anti Mainstream yang harus kamu coba tonton. Mungkin pas tahu ide ceritanya agak beda, jadi agak ragu nonton. Tapi beda itu luar biasa karena ngak pasaran.

Saya pernah bekerja jadi penulis lepas di majalah review film, jadi jangan khawatir 5 rekomendasi Drama korea Anti Mainstream ini sudah pasti akan membuatmu takjub, rekomendasinya ngak main-main deh.



Drakor Anti Mainstream, Berani nonton ?


5 rekomendasi drakor Anti mainstream ini punya ide cerita, plot hingga sudut pengambilan ngambar yang tak biasa.


1. Prison Playbook

Penulis: Jung Bo-hoon
Sutradara: Shin Won-ho
Pemain: Park Hae-Soo, Kyrstal Jung, Jung Kyung-ho

drama korea prison playbook
Prison Playbook tentang kehidupan penjara


Prison Playbook ini tayang di tvN dalam medio November 2017 – Januari 2018 dan sempat menghebohkan jagat maya karena ide ceritanya yang tak biasa.

Bercerita tentang seorang pemain Baseball terkenal kebanggaan negara yang tersandung kasus penganiayaan dan membuatnya dijebloskan ke penjara.

Penjara adalah tempat bagi pendosa. Begitu biasa kita menyebutnya. Tapi apa benar, semua wajah di balik jeruji besi adalah hamba yang bersalah ?

Kamu akan belajar banyak dari kisah Kim Je-Hyuk yang diperankan apik oleh Park Hae-soo. Melalui kisahnya, kita belajar bahwa penjara bisa saja menjadi oase tempat belajar kehidupan sesungguhnya.

Tak semua orang berhati jahat harus mendekam di penjara. Ada yang karena fitnah, salah langkah atau bahkan salah tangkap.

Saya suka bagaimana penulis naskah Jung Bo-hoon mengemas penggalan kisah masing-masing penghuni penjara. Plotnya pun terbagi dengan sangat rapi dalam setiap babak episode.

Kenapa saya rekomendasikan drakor anti mainstream ini. Pertama karena ide ceritanya, jarang saya tonton cerita dibalik jeruji besi yang detail seperti ini. Setiap pembabakan dibuat penuh optimisme untuk masing-masing tokoh, seolah memaknai bahwa penjara bukan akhir segalanya.

BACA JUGA : Itinerary 5 hari di Korea Selatan


2. My Mister

Penulis: Park Hae-Young
Sutradara:Kim Won-Seok
Pemain: Lee Sun-kyun, Lee Ji-eun ( IU

drama korea my mister
My Mister dengan pemain yang handal


Berkisah tentang kisah keluarga dengan tokoh utama Park Dong-hoon yang diperankan Lee Sun-kyun. Dong-hoon adalah pekerja biasa yang tengah diorbitkan menjadi kepala bagian di kantornya.

Dong-hoon mungkin terlihat seperti karyawan lainnya. Namun ia ternyata memiliki permasalahan keluarga. Dua kakaknya pengangguran dan hanya menjadi parasit dalam keluarga.

Istrinya berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Hingga ia akhirnya terlibat cinta samar-samar dengan pegawai paruh waktu bernama Lee Ji-an diperankan Lee Ji-eun ( IU ).

Drama ini sempat menuai pro dan kontra karena ide cerita drama ini yang dianggap tabu. Meskipun terlihat seakan negara bebas, penduduk korsel sangat taat akan nilai tradisi termasuk sopan santun dan budi pekerti.

Mencintai orang yang lebih tua dan sudah beristri dinilai sebagai contoh yang tak baik dan tabu. Namun seiring drama berjalan terutama di episode 2 dan 3, penonton mulai bisa membaca kemana sesungguhnya alur cerita akan mengarah.


Saya suka bagaimana cara sutradara mengemas kisah cinta antara dua tokoh utama yang diperankan apik oleh Lee Sun-kyun dan IU. Dari drama inilah IU yang seorang penyanyi diakui bakat aktingnya yang kian berkembang.

Dua tokoh utama memang digambarkan dengan wajah suram dan putus asa. Di tengah himpitan hidup dan putus asa, mereka seakan memiliki energi listrik yang menyala. Namun cinta mereka mereka seakan hanya bisa kita artikan melalui gambar yang senyap dan helaan nafas.

Saya suka bagaimana drama ini seperti minim dialog saat moment tertentu. Saat Lee Ji-an mendengar derap langkah dan helaan nafas Dong-hoon saat pulang kerja, rasanya tak perlu dialog untuk membuat moment itu menjadi ikon paling diingat dari drakor ini.

Endingnya pun dibuat sangat hambar meskipun kaya makna. Toh, layaknya perjalanan drakor ini sarat makna saat menuju tujuan,saat sampai ditujuan penonton sudah tahu kemana endingnya akan berlabu.

BACA JUGA : Tips mencari makanan halal di Korea



3. Secret Forest ( Stranger )

Penulis: Lee Soo-Yeon
Sutradara: Ahn Gil-Ho
Pemain: Jo seung-woo, Bae Doona

drakor secret forest
Secret Forest bertema hukum dan korupsi


Berbalut dunia hukum dengan genre Thriller drama korea Secret Forest menyita perhatian bukan hanya karena pemainnya yang dikenal gaek tapi juga ide ceritanya yang menyentuh bobrok korupsi di negeri Ginseng.

Babak pertama dibuka dari penemuan jasad pria yang tewas secara misterius dengan penuh luka tusuk.

Hwang Shin Mok sang toko utama lah yang secara tak sengaja menemukan jasad itu. Benarkan Shi Mok tak sengaja menjadi saksi pembunuhan atau ada intik yang sengaja menjebaknya ?

Dari penemuan jasad inilah ditemukan fakta-fakta baru yang mengarah pada kasus korupsi penjabat tinggi negara.


4. Black Dog

Penulis: Park Joo-yun
Sutradara : Hwang Joon-hyeok
Pemain: Seo Hyun-jin , Ra mi-ran

drama korea black dog
Black Dog bertema kehidupan guru


Apa rasanya jadi Guru Honorer di Korea Selatan? Itulah yang digambarkan dengan detail dalam drama korea Black Dog.

Berkisah tentang perjuangan Go Ha-neul seorang guru honorer di sebuah SMA tak terkenal. Di tengah pergulatannya menjadi guru tetap, Ha-neul harus dihadapkan pada tantangan menaikkan popularitas sekolahnya dengan membantu para murid masuk universitas ternama.

Menjadi guru honorer di Korea Selatan ternyata tak mudah. Dipandang sebelah mata hingga gaji yang tak memadai menjadi tantangan tersendiri.

BACA JUGA: Musim dingin Nami Island Korea



5. The Cursed

Penulis: Yeon Sang-ho
Sutradara: Kim Yong-han
Pemain: Uhm Ji-won, Jung ji-so

drama korea the cursed
The Cursed bertema mistis dan dukun


Korea Selatan punya ilmu hitam ? Bila indonesia punya dukun dan ilmu jampi-jampi lainnya, korea juga punya.

The Cursed bercerita tentang seorang remaja perempuan yang memiliki kemampuan untuk mengutuk orang lain hingga mati.

Kutukan dimulai dari penemuan jasad seorang polisi yang meninggal dunia secara misterius di tengah hutan. Belakangan diketahui sang polisi sengaja dibunuh dengan cara dikutuk oleh seorang pengusaha yang menggunakan ilmu hitam.

Bila kamu takut darah atau tak suka adegan menyeramkan tak disarankan menonton drama ini. Menurut saya banyak adegan yang agak mengerikan tapi tetap terlihat elegan.

Drama korea The Cursed juga sempat menjadi perbincangan setelah sejumlah pemain kesurupan saat melakukan adegan memanggil arwah. Makin ngeri kan heehheeh


Mungkin ada yang bertanya, mengapa Mbak Turis memasukkan nama penulis naskah di awal bahkan sebelum sutradara. Ibarat memasak di dapur, Chef adalah yang berkuasa meracik, tapi kekuatan sesungguhnya ada pada bahan utama yang diolah.

Begitu juga dengan drama korea. Peran penulis naskah amat sangat penting dalam menentukan alur cerita. Banyak drakor yang diubah alur cerita di bagian tengah atau ending untuk penyesuaian.

Yeon Sang-ho adalah penulis naskah untuk film Train to Busan, sehingga saat kita melihat namanya dalam list penulis naskah kita akan tahu tipe thriller apa yang akan tersaji.

Sebenarnya daftar rekomendasi drakor saya banyak sekali, saya janji akan tulis pertema karena banyak banget yang bagus. Asal kamu punya waktu saja bacanya hehehe

Saya pernah kena Tifus karena kebanyakan begadang nonton Drakor. Jadi saran saya. Meskipun sekarang kamu lebih banyak di rumah, pastikan nonton drama koreanya pelan-pelan.

Tak usah buru-buru harus tahu endingnya. Wah, kalau seperti itu enak nonton drakornya dimana ya ? Ibarat minum air, pelan-pelan jadi berasa rasanya. Iyak kan heheheh.

Semoga 5 rekomendasi drama korea Anti Mainstream ini bisa menjadi bahan tontonan baru kamu yang mulai bosen nonton drakor dengan tema itu lagi, itu lagi. Selamat menonton !


Liebe,
Turis Cantik

12 Comments

  1. Fanny_dcatqueen May 30, 2020
  2. Lia Lathifa May 31, 2020
  3. Dewi Ratih Purnama June 1, 2020
  4. swastikagie June 3, 2020
  5. Olive June 13, 2020
  6. fanny_dcatqueen June 15, 2020

Leave a Reply

Instagram