Traveling Trip Mancanegara

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki



5 Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki– Apa rekomendasi tempat wisata di Turki? Hingga kini, tulisan hingga video YouTube tentang trip ke Turki memang paling banyak dinikmati.

Mungkin, traveling ke Turki kini menjadi pilihan banyak warga Indonesia karena jarak tempuh yang tak terlalu jauh dan biaya perjalanan yang tidak terlalu mahal.

Wilayah Turki sangat luas, saya sudah pernah menulis beberapa tulisan tentang kota-kota menawan di Turki. Tapi, Istanbul tentu menjadi kota dengan tujuan wisata wajib.

Lalu, apa saja 5 rekomendasi tempat wisata di Istanbul Turki versi Turis Cantik? Berikut ulasannya.


Harus kemana di Istanbul, Turki?



Wilayah Turki sangat luas dengan kota yang punya destinasi wisata berbeda. Istanbul pernah menjadi pusat kota yang sebelumnya bernama Konstantinopel. Sempat menjadi ibu kota Turki sebelum kini berpindah ke Ankara, Istanbul punya banyak pesona denga guratan sejarah di setiap sudut kota.

Bila hanya punya waktu sehari di Istanbul, ini adalah rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu datangi dalam satu hari saja.


1. Istana Topkapi

rekomendasi tempat wisata istanbul
Istana Topkapi, rekomendasi tempat wisata istanbul



Tak lengkap ke Istanbul tanpa mengunjungi Istana Topkapi salah satu rekomendasi tempat wisata populer di Istanbul, Turki. Gerbang menuju Istana sangat tinggi dengan pilar menjulang tinggi.

Topkapi menjadi kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 periode tahun ( 1456-1856 )

Bagian dalamnya berisikan berbagai replika koleksi milik Sultan Utsmaniyah mulai dari perangkat makan hingga tempat tidur.

Dibandingkan bekas tempat tinggal Raja – raja di Eropa yang pernah saya datangi, Topkapi sebenarnya tak terlalu luas dan megah. Hanya ada satu bagian istana yang terlihat mencolok dengan bagian atap yang berdinding kan kaca warna-warni.

Letak paling indah dari Topkapi adalah bagian balkon di ujung Istana dimana kita dapat langsung melihat Selat Bosphorus dan merasakan semilir angin selatan yang syhadu.

Jalan sedikit dari Istana Topkapi, kita bisa langsung menuju Hagia Sophia.

BACA JUGA: NAIK QATAR AIRWAYS KE TURKI

2. Hagia Sophia

rekomendasi tempat wisata istanbul
Hagia sophia, rekomendasi tempat wisata Istanbul



Sejak awal berdiri hingga masih digunakan sejak kini, Hagia Sophia memang difungsikan sebagai tempat ibadah.

Aya Sofya begitu biasa tempat ini disebut, dibangun dalam periode masa yang cukup panjang. Masa pembangunan awalnya pada 537 M hingga selesai pada 1453 M.

Awalnya Hagia Sophia merupakan Katedral Ortodoks yang digunakan untuk beribadah umat Katolik. Namun, saat Konstantinopel jatuh, tempat ini pun beralih fungsi menjadi Masjid.

Hingga kini, Hagia Sophia masih berdiri tegak dan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam. Hagia Sophia menjadi Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki.

BACA JUGA: BEGINI RASANYA MASUK HAGIA SOPHIA


3. Masjid Sultan Ahmed atau Masjid Biru Turki

rekomendasi tempat wisata istanbul
Masjid biru, rekomendasi tempat wisata istanbul



Dalam bahasa Turki, Masjid ini disebut Sultanahmet Camii. Camii artinya Masjid. Masjid Biru menjadi Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki.

Dahulu, Masjid ini sering di sebut The Blue Mosque atau Masjid biru karena ornamennya didominasi oleh warna biru. Masjid ini hampir setiap tahun mengalami renovasi karena faktor usia.

Masjid yang berada di jantung Istanbul ini punya beberapa peraturan untuk wisatawan terutama kaum perempuan. Layaknya tempat ibadah tentu kita harus menghormati. Pakai selendang menutupi rambut, pakai pakaian sopan dan tidak menggunakan alas kaki di bagian dalam masjid.

BACA JUGA: CERITA HARI PERTAMA DI TURKI


4. Selat Bosporus

rekomendasi tempat wisata istanbul
Selat Bosporus rekomendasi tempat wisata istanbul



Tiap pagi atau jelang petang di sepanjang Selat Bosporus pada musim panas akan banyak warga lokal yang memancing ikan kecil. Bukan tangkapannya yang penting, tapi orang Turki suka ‘ngobrol’ sambil menyesap kopi dan menikmati semilir angir Bosporus yang syahdu saat musim panas.

Kamu pun bisa menikmati semilir angin Bosporus dengan ombaknya yang Landai dengan naik kapar ferry. Penyewaan Ferry banyak di sekitar dermaga, lebih mudah bisa pesan di hotel atau di travel agent di sepanjang jalan.

Bosporus adalah sebuah Selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Bagian Asia. Selat ini menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Panjangnya 30 km. Ini dia Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki yang wajib kamu kunjungi.


BACA JUGA: PENGALAMAN NAIK FERRY DI BOSPORUS



5. The Grand Bazzar

rekomendasi tempat wisata istanbul
Grand Bazzar rekomendasi tempat wisata istanbul



Salah satu pasar paling tua di dunia ada di Istanbul. Tak ada kesan tua saat memasuki Grand Bazzar. Serasa memasuki surga belanja tak berujung karena tempat ini sangat luas.

BACA JUGA: TIPS BELANJA DI TURKI

Mau belanja pernak-pernik khas Turki hingga makanan ada semua. Itulah sebabnya Grand Bazzar menjadi Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul, Turki.

Gaya berbelanja di tempat ini tawar-menawar salah satu cara belaja kuno yang kadang bikin capek tapi puas karena dapat harga murah.

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Istanbul Turki ini semua menjadi bahan referensi kamu saat menentukan tujuan wisata saat di Istanbul.

Selamat menikmati Istanbul yang bukan hanya indah tapi juga sarat makna di setiap jengkal tanahnya.


Liebe,

Turis Cantik

One Response

  1. Hastira September 3, 2022

Leave a Reply

Instagram