Traveling Trip Mancanegara

5 Tempat Wisata Menarik di Rusia

” The biggest adventure you can take is to live the life of your dreams” 

Hembusan angin dingin, membuat saya harus merapatkan jaket tebal yang membungkus tubuh. Rasanya lima lapis jaket, tak mampu menahan hawa dingin malam itu. 
” Saya benci musim dingin” begitu gumam saya, saat turun dari pesawat terbang yang membawa saya ke tanah merah Rusia. 
Sebenarnya, bukan kali itu saja saya harus bertemu musim dingin, tapi Rusia ternyata sangat dingin hingga membuat pembuluh darah di hidung pecah. Akibatnya, saya harus menyumbat lubang hidung agar darah segar tak terus mengalir. Yah..saya memang kampungan, ternyata dinginnya musim salju membuat tubuh ringkih saya sedikit lemah.
Sebagai bekas negara Komunis, memasuki Rusia seakan membolak-balik halaman buku sejarah yang pernah saya baca di bangku sekolah. Saat apa yang saya baca kini ada di depan mata. 
Banyak sebenarnya objek wisata yang saya datangi, tapi mungkin buat kamu yang berencana ke Rusia pasti bertanya ” Where should i go?! ” 
Trus kamu mau kemana? Yuk ikuti saya menuju  5 tempat wisata menarik di Rusia !

1. St Petersbrug 

Sebelum memiliki Moskow menjadi ibukota Rusia, Saint Petersbrug adalah Ibukota Rusia. Dahulu tempat ini bernama Leningrad. Disinilah peradaban negara ini dimulai dan dibangun. Itulah sebabnya, banyak bangunan megah yang punya rancang bangun yang amat indah.

Pusat Kota St Petersbrug

Seumur hidup saya, mungkin kota ini paling memanjakan mata alias indahnya kebangetan.  Kota ini bisa ditempuh satu jam perjalanan dengan pesawat terbang dari moskow. 

2. Museum Hermitage

Banyak yang menyebut salah satu museum terbesar di dunia ini, sebagai Museum Musim Dingin Terlengkap. Museum ini amat sangat luas, seakan saya menjadi manusia kerdil karena
ukuran tubuh saya yang mungkin kalah megah dengan bangunan museum ini.

Bagian Dalam Museum Hermitage

3. Gedung Opera

Pertunjukan balet dan opera di Rusia digelar di gedung-gedung yang punya artistektur amat historikal dan megah.

Berfoto di Depan Gedung Opera

Memang tiketnya rada mahal, tapi kapan lagi coba bisa nonton balet di bagunan yang dahulu pernah menjadi saksi sejarah bangsa Rusia. Kebanyakan seni pertunjukan balet dan opera, memang ada di St Petersbrug, kalau di Moskow biasanya ada di jalan dan gang sempit. 

4. Masjid Biru 

Buat saya seorang muslim, mengunjungi Masjid dan menunaikan sholat di sana merupakan suatu keharusan. Masih di St Petersbrug, ada Masjid dengan rancang bangun yang sangat unik.

Masjid Biru Nan Indah

Biasa disebut Blue Mosque atau Masjid Biru, Masjid ini ternyata punya kedekatan dengan Indonesia. Kamu bisa baca cerita lengkapnya di link bawah ya, karena saya pernah menulis lengkap tentang sejarah Masjid ini. 

5 . Kremlin 

Tak lengkap rasanya ke Moskow, Rusia tanpa ke Kremlin. Di abad ke 15, Kremlin merupakan benteng petahanan. Kremlin merupakan kediaman tsar-tsar Rusia, namun kini merupakan kantor Presiden. Saat saya ke Moskow, saya beruntung karena bertugas meliput kegiatan Presiden RI ( saat itu ) Susilo Bambang Yudhoyono. Sayang tak boleh membawa telpon genggam atau merekam areal dalam kantor presiden. Saya masih ingat saat seluruh peralatan liputan saya disita termasuk peralatan pribadi. Mungkin rasa ‘sebel’ nya sama dengan saat harus melalui pemeriksaan imigrasi di Amerika Serikat. 
Bagian dalam kantor Presiden Rusia mempunyai banyak ornamen kaca, cermin dan ornamen yang sangat tidak modern. Kesannya jadul, lengkap dengan permadani dan karpet yang didominasi warna merah. Pengawal presiden kebanyakan berjas necis dengan tatap ‘dingin’ sedingin udara di luar yang mencapai minus 2 derajat celcius. 
Kamu harus mendatangi Kremlin di Moskow, tak jauh dari depan pintu gerbang menuju Kremlin ada Mc Donalds yang punya saos sambal sachet yang rasanya enak ( menurut saya ).

Saran saya, datanglah di musim dingin, karena keindahan Rusia terlihat lebih menawan saat guguran salju mulai turun dari langit. 
Selamat jalan-jalan, jangan lupa masukkan 5 tempat wisata menarik di Rusia  ini dalam listmu!
Liebe,
Turis Cantik 

Keep In Touch With Turis Cantik!

Leave a Reply

Instagram