Lifestyle Traveling

5 Tipe Penumpang Commuter Line yang Nyebelin

Mungkin anda penumpang tetap atau
beberapa kali pernah naik commuter line jabodetabek. Jalanan ibu kota yang
macet dan bikin stres, membuat bnyak warga yang bermukim luar jakarta (
tangerang, bekasi, bogor ) memilih moda transportasi kereta api, untuk sampai di
lokasi bekerja which is di tengah ibu kota jakarta. 

Pic google.com / Tempo
Minimnya armada kereta commuter line,
kadang membuat perjalanan menuju lokasi bekeja merupakan arena pertarungan
tersendiri. Bagaimana tidak armada yg kurang memadai tak mampu menampung
banyaknya penumpang, kadang anda harus berjibaku berdesakan, saling dorong atau
nyolot untuk bisa naik dan turun kereta. 
Padahal sebenarnya aturan dalam menggunakan
kereta api sudah sangat jelas, misalnya memberikan kursi prioritas pd orang yang
berhak tapi masih aja ada penumpang yang ngak perduli or mungkin ngak bisa baca
tulis jadi ngak paham dengan tanda yg terpampang di belakang kursinya. 
Dari sekian bnyak orang yg ada di
kereta saya punya 5 tipe penumpang kereta commuter line yang menurut saya
menyebalkan. Mungkin apa yang anda lihat di kereta atau tingkah orang yg
nyebelin di kereta merupakan refleksi pribadi yg bersangkutan. Saya sih ngak
mau ngejudge juga tapi buat saya lucu aja liat 5 tipe2 orang ini 🙂

1. Si Tukang Duduk Nyempil 

pernah kah anda udh duduk di kereta
dalam posisi pas jumlah orang dengan kursinya, tiba-tiba ada orang minta duduk.
Tanpa mikir doi mau duduk di mana. Mending  kalau badannya kecil sorry to
say biasanya emak2 yg ngambil porsi dua orang ( just like me ;). Nah udah ngak dapet duduk,
maksain kadang nyolot lagi. Alhasil kadang mereka duduk di atas paha orang,
menyikut badan orang. Pernah sadar ngak kalau kalian tuh ngambil hak orang,
bikin orang ngak nyaman padahal bayar tiketnya sama. Kadang kalau udh
disempilin orang saya memilih berdiri aja mungkin memang lagi sakit or lagi
ngak enak body yee. 

 2. Si Putri Tidur 

 

Kemungkinan tipe penumpang yang satu
ini kecapean abis ronda semalam.  Yang menganggu justru bukan tidurnya
tapi posisi tidurnya yang ngambil jatah kursi satu atau dua orang. Kalau mau
tidur dalam posisi aman dan enak ya ditempat tidur ya jangan di kereta tapi di
rumah dong mbakyu.  

3. Si Tukang duduk di Kursi Prioritas


Nah ini yang paling bikin ngenes
kadang saya berpikir mereka ngak bisa baca ngak tau nya pura2 ngak bisa baca.
 Nyebelin deh kadang kaum pria pun ngak mau bangun dr kursi priotitas
husss.. Jangan2 mereka hamil 🙂 

4. Si Hoby Nyender 

Awal kisah ada seorang perempuan  menunggu commuter line dari stasiun sudimara. Matanya
tak lepas dari handphone ohhh ternyata main games saudara-saudara. Tak perduli
gerimis or kereta berdesakan dia tanganya seolah lengket dengan hp.  Drama
selanjutnya adalah dia hoby nyender di badan kita krn ngak rela tangannya lepas
dt hp.  Annoying banget krn body doi gede mak.. Dan kalau ditegor cuek aja
gitu.  Ciri2: badan rada berisi, rambut panjang selalu di ikat ekor kuda,
etnis chinese ( ini fakta ya bukan sara) pakai jaket warna coklat muda drngan
logo K***s salah satu surat kabar berkantor di palmerah.  Naik dr sudimara turun palmerah.  Wahai mbak game freek
kalau nyender di pohon aje kyk film india jangan di badan orang. Mbak yang satu ini terkenal banget bahkan saya sering denger dia diomongin sama penumpang laennya yang juga merasa terganggu dengan aksi seder badannya itu 😉

5 Si Genk Nero Biang Berisik 

Di kereta juga ada genk loh isinya
orang yg sering ketemu di kereta dan akhirnya jd temenan.  Ngak terlalu
ganggu sih tapi kadang suka berisik aja. 

pic from google.com

Tips menghadapi tipe penganggu di Commuter Line 

1. Jangan tersulut emosi!

Tips menghadapi tipe penumpang
kereta yang ngak asik ini sebenarnya susah,  salah satunya adalah jangan
tersulut emosi.  Kalau hanya soal tempat duduk toh masa sih seumur hidup
anda ngak prnh duduk 🙂  atau puasin aja deh duduk di rumah sebelum naik
kereta.  Kalau persoalnnya adalah mau nyaman ya jangan naek transportasi
publik tapi nyetir sendiri or naek taksi. Coba bayangin betapa beruntungnya
anda bisa naek kereta udh cepet, murah ngak kena macet.  Jd kalau ngak
nyaman ya nikmatin aja.  

2. Punya jadwal kereta

 Untuk menghindari berdesakan
dan saling sikut anda harus punya jdwal kereta bisa di download di aplikasi hp
or bisa catat secara manual di stasiun.  Dengan berbekal jdwal ini lah
anda bisa mengukur waktu dan jarak tempuh juga kereta di jam berapa yg penuh

3. Nikmatin aja

Gak ada saran yg lebih baik
selain membuat diri anda menikmati suasana kereta api.  Kadang tipe
penumpang yg kita udh bahas diatas bikin kita juga merefleksi diri kira2 kita
gitu juga ngak ya.

Kapan2 saya akan share cara
bagaimana anda dapat memenangkan pertarungan memperebutakan kursi di
commuterline dg cara yg lebih sopan dan cerdas ya 🙂 
Cerita lain soal pertarungan di atas Commuter line bisa dibaca  DISINI 

Salam anak kereta! 

– Turis Cantik – 

More about Turis Cantik

FACEBOOK FAN PAGE

TWITTER

INSTAGRAM

PINTEREST 

Leave a Reply

Instagram