Tips Traveling Traveling Trip Mancanegara

7 Tempat dan Aktivitas Menarik di Berlin Jerman

7 Aktivitas Menarik Di Berlin – Dari semua kota yang pernah saya datangi, Berlin sebenarnya bukan kota favorit. Tapi, mungkin karena paling sering datang ke sini, saya punya beberapa tempat dan aktivitas yang selalu jadi favorit setiap datang ke Berlin. 
Berlin adalah kota ramah wisatawan, yang punya segudang fasilitas untuk memanjakan kamu, bila berwisata ke tempat ini. Mulai dari pusat informasi turis yang tersebar di banyak tempat, hingga transportasi publiknya yang sangat canggih. Tak cukup menyisir semua lokasi wisata di tempat ini, dalam satu hari. 
Dari sekian banyak tempat wisata dan aktivitas favorit saya selama di Berlin, saya pilihkan tujuh hal yang paling saya suka dan tak bosan mengulang aktivitas ini selama di Berlin. 

1. Keliling Museum 

Berlin adalah surga wisata Museum, mungkin ada ratusan museum yang butuh satu minggu untuk mengunjungi semuanya.  Tapi, kalau kamu hanya punya satu hari, kamu bisa mengunjungi Museum Island. Jadi Museum Island adalah kumpulan lima museum yang berada di tengah sungai Spree.

Lima museum itu adalah Altes Museum, Neues Museum, Galeri Nasional Alte, Bode Museum dan Pergamon Museum.
Tahun pertama saya ke Berlin, Neues Museum yang memuat koleksi mesir kuno sedang direnovasi. Dua tahun kemudian, saya berhasil mengunjunginya setelah proses renovasi selesai.
Renovasi, memang sudah menjadi hal biasa di kelima museum ini, jadi pastikan di laman resmi masing-masing museum, apakah ada renovasi saat kamu akan datang. Bila memang ada, renovasi tentunya museum akan ditutup dan biasanya memakan waktu lama.

Kalau tak suka museum sejarah, kamu bisa masuk ratusan museum lainnya. Temanya banyak banget mulai dari art, makanan, sampai design kontemporer.

BACA JUGA:  Museum BMW di Jerman 

Hampir semua museum Di Berlin tiket masuknya kisaran € 10 – 12,  kalau mau masuk 5 museum sekaligus kamu hanya membayar €18.

Saran saya, bila kamu pertamakali wisata ke Berlin, beli lah Berlin Welcome Card di bandara saat kamu datang. Kalau tidak salah, harganya sekitar €30. Kamu bisa dapat diskon tempat wisata, tiket sejumlah transportasi umum, hingga potongan harga untuk restoran tertentu.

2. Wisata Masa Lampau Jerman 

Tak lengkap rasanya, bila ke Berlin tapi tak menelisik kisah kelam sisa perang dingin yang berimbas pada kota ini.  Kamu bisa menyisir jalan yang dulu di batasi dengan tembok Berlin yang masuk dalam Jerman Timur. 
Jangan lupa datangi Checkpoint Charlie. Tempat terakhir ini selalu saya datangi karena jadi pusat penjualan oleh-oleh. 

3. Mencoba Transportasi Publik

Satu hal yang kamu harus coba saat ke luar negeri adalah transportasi publik. Meskipun Jakarta kini ( menurut saya ) sudah punya beberapa transportasi publik yang baik, tapi hanya di Jerman kamu bisa naik kereta api tercepat di dunia. 
Kamu juga harus naik kereta bawah tanah atau U Bhan dan S Bhan, naik trem, bus tingkat dan melihat betapa megahnya stasiun-stasiun kereta di Berlin.  Lengkapi diri dengan aplikasi transportasi umum di Berlin yang bisa kamu unduh di telpon genggammu.

4. Nongkrong di Taman

Taman di Berlin ada banyak, kalau kamu datang musim panas jadikan jalan-jalan di taman sebagai hal yang perlu kamu lakukan. 
Di taman, kamu bisa berinteraksi dengan orang lokal. Pastikan kamu lihat-lihat orang juga ya, kalau dia lagi bawa botol minuman keras jangan didekati 🙂
Saya paling suka nongkrong di taman apalagi kalau musim panas dan musim gugur. Hawanya enak banget ngak panas banget, tapi banyak hembusan semilir angin.

5. Makan Currywust 

Salah satu makanan yang selalu saya coba saat ke Berlin adalah Currywust. Currywust ini sebenarnya adalah sosis yang disiram dengan kuah kari. Sosisnya biasanya berukuran jumbo.

Kamu juga bisa tambahkan kentang goreng, sebagai pelengkap. Kuah karinya terasa gurih dan sedikit pedas.

Kamu bisa menemukan makanan ini di sepanjang pinggir jalan. Harganya kisaran € 2 per porsi. Sebenarnya, saya lebih sering makan Donner Kebab, karena porsinya lebih besar.
Kebab kan sudah banyak di Jakarta, Currywust dengan rasa otentik rada susah menemukannya, kecuali di negara asal.

6. Belanja di Pasar Loak 

Pasar loak di Berlin hanya ada di hari minggu. Sebenarnya pasar loak di kota-kota lain pun ada di Jerman. Tapi khusus di berlin mungkin pasar loak yang paling terkenal adalah MaeurPark. 
Meskipun namanya Pasar Loak, yang dijual tak semuanya loak alias barang sisa pakai. Tapi juga ada barang baru hasil kerajinan misalnya.

Mauerpark luas banget, kadang ada pertunjukan musisi jalanan yang ramai banget ditonton pengunjung.

Saya paling sering mengumpulkan Tote Bag, sejenis tas belanja dari kain. Designya lucu-lucu dan biasanya saya jadikan oleh-oleh saat kembali ke tanah air. 

7. Naik Sepeda Keliling Kota 

Cobalah naik sepeda sewaan saat di Berlin. Berlin punya jalur khusus sepeda hampir di semua jalan utama.

Kamu juga bisa parkir sepedamu dimana saja, karena tempat parkir sepeda pun ada dimana saja. 

Pemandangan pekerja dengan rok pendek yang naik sepeda ke tempat  kerja pun sudah menjadi pemandangan biasa. Padahal alat transportasi sudah banyak, kenapa ya mereka masih suka naik sepeda? 
Kalau menurut teman saya sih, alasan kesehatan ajah. Kesibukan kadang menyulitkan mereka berolahraga, kalau naik sepeda kan sudah olahraga juga tuh jadi ngak perlu punya waktu khusus lagi. 
Ada juga yang bilang karena hobby, atau alasan lain seperti agar lebih cepat sampai ke lokasi tujuan.
Selain tujuh kegiatan diatas, tentunya masih banyak lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan. 
Kalau kamu datang bawa anak, pastikan membawa stoller yang nyaman dan ringan karena di Berlin akan banyak jalan kaki. 
Kunjungi juga kebun binatang Berlin yang luas banget. Bawa sepatu yang nyaman dan pakaian yang disesuaikan dengan musim saat kamu datang. 
Selamat Jalan-jalan di Berlin !
Liebe,
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik!

Leave a Reply

Instagram