Traveling Trip Mancanegara

Agra Fort Pesona Benteng Merah India

AGRA FORT PESONA BENTENG MERAH INDIA – Agra Fort adalah benteng perlindungan terbuat dari batu berwarna kemerahan yang terletak di Agra, India. Agra Fort masuk dalam warisan dunia UNESCO sebagai saksi kejayaan penguasa Mughal di Hindustan.

Benteng agra fort di india
Benteng Merah Agra Fort India 
Mentari bersinar terik di penghujung hari saat saya menjejakkan kaki di benteng pertahanan dengan dinding berbatu merah itu.
Lebih dari sebuah benteng pertahanan, Agra Fort biasa disebut istana berdinding. Di sinilah penguasa Mughal pernah menyesapi setiap jengkal dinding batu merah yang kian luntur dimakan usia itu.
Hanyalah ksatria sejati yang berdiri paling depan di benteng pertahanan, begitu mungkin para kesatria Mughal berpikir. Tinggal dibalik dinding pertahanan bukanlah kebiasaan umum, biasanya kaum darah biru bersembunyi dalam istana megah di tengah hutan agar tetap aman dari serangan lawan. 
Itulah sebabnya, dinding Agra Fort dibangun dengan sangat tinggi dan kokoh. Dari semua cerita tentang India, saya merasa Agra Fort kaya akan rancang bangun yang dibangun dengan ‘rasa’ karena setiap jengkal penuh makna.

BACA JUGA:


Ada Apa di  Istana Agra ? 

Agra Fort menjadi salah satu benteng paling penting di India. Keberadaannya bukan sekedar sebagai benteng pertahanan tapi juga tempat penguasa Mughal memerintah sekaligus bertempat tinggal.

Istana agra di india
Sejumlah nama penguasa Mughal yang pernah tinggal di Agra Fort adalah Humayun, Akbar, Jehangir, Shah Jahan dan Aurangzeb. Sebagian pintu di tempat ini ditutup, kabarnya banyak jalan rahasia bahkan di bawah tanah yang digunakan untuk tempat persembunyian.
Agra Fort sangat luas, tapi sebenarnya tak semua spot dapat didatangi wisatawan. Di balik dinding merah itu, ada istana yang menjadi bagian penting dalam pemerintahan Mughal kala itu.
4 bagian penting yang harus kamu datangi saat menjejakkan kaki di Agra Fort adalah 4 bagian ini :

1. Dewan-i-am



Ada apa di agra fort india
Dewan-i-am Agra India 
Bagian ini adalah lokasi pertama yang akan terlihat setelah kamu memasuki benteng utama Agra Fort. Dahulu, tempat dengan pilar melengkung ini berfungsi sebagai tempat pertemuan misalnya saat ada penobatan atau acara seremonial lainnya. 
2. Anguri Bagh

Istana agra di india
Taman bunga dalam Istana Agra 


Tempat ini adalah area terbuka berisikan hamparan bunga. Mungkin lebih tepat bisa disebut sebagai taman bunga dalam istana arga. 
3. Muthamman Burj

Istana agra di india
Indahnya istana Agra dari kejauhan 
Tempat ini adalah sebuah pavillion dengan rancang bangun unik dipenuhi dengan marmer. Marmer dibanyak istana memang digunakan untuk menandakan kekayaan dan kekuasaan. 
Bagian istana Agra ini memiliki pilar tinggi yang melengkung khas Mughal.

4. Shees Mahal
Bagian ini biasa disebut The Glass Palace. Menurut saya Shees Mahal adalah bagian terindah dari istana Agra. Seluruh bagiannya mulai dari dinding bagian bawah hingga atap dilapisi kaca berbentuk mozaik. 
Menurut Guide saya, kita harus melihat ke atas dengan gerakan cepat sehingga kaca terlihat seperti kerlip bintang di langit.

BACA JUGA:

Harga Tiket Masuk Agra Fort 

Banyak orang hanya mau foto dari depan gate utama Agra Fort. Memang pemandangan dari depan sudah kece berat. Kendalanya hanya banyak orang bila siang sudah menjelang, panasnya terik banget, belum lagi menurut saya tempat ini pengemis agresifnya super banyak.

Istana agra india
Spot paling kece di istana Agra 
Saran saya, jangan hanya foto di depan masuk aja ke dalam. Bayarnya murah kok hanya 400 Rupee kisaran 90ribu rupiah aja kok. 
Kamu juga bisa beli pass ticket untuk Taj Majal dan Agra Fort dengan harga yang lebih murah. Bisa beli online di Indonesia atau beli langsung di tiket box saat di Taj Mahal. 
Benteng Agra buka setiap hari dimulai dari pukul 6.30 pagi hingga 19.00 malam waktu setempat.

Agra Fort atau benteng Agra adalah salah satu spot wisata penting yang harus kamu datangi saat traveling di India.
Masuki dan resapi setiap jengkal sejarah dalam dinding kasar bebatuan merah itu. Maha karya rancang bangun  Mughal yang sangat indah. Jangan lupa mampir ke Agra Fort benteng merah di India yang penuh pesona. 
Liebe,
Turis Cantik

Leave a Reply

Instagram