Traveling

Belanja Oleh-oleh di Turki

Harus belanja oleh-oleh di Turki ? Kira-kira harus belanja apa ya ? Sebenarnya kalau harus dibuat list, daftarnya akan panjang. Kalau budgetmu banyak dan tidak khawatir tentang berat kopermu sih tak masalah, teruslah habiskan isi dompetmu.

Percayalah, hampir semua produk mulai dari makanan sampai kerajinan tangan di Turki super gemez. Dijamin kamu ( terutama kaum hawa ) tak ingin berhenti belanja oleh-oleh di Turki.

tips belanja oleh-oleh di turki
Tips belanja oleh-oleh di Turki

5 Rekomendasi Belanja Oleh-Oleh di Turki

Nah, kalau ada pertanyaan oleh-oleh wajib apa yang harus dibawa dari Turki ? Ini dia 5 rekomendasi belanja oleh-oleh di Turki versi Turis Cantik.

1.Turkish Delight

Turkish delight adalah manisan khas Turki yang punya berbagai rasa dengan tekture yang empuk ,mungkin hampir mirip jelly yang agak padat.

turkish delight sebagai oleh-oleh dari turki
Manisnya Turkish Delight

Manisan ini ada diberbagai tempat dengan kualitas yang berbeda. Semakin baik kualitasnya, harganya tentu lebih mahal.

Harga Turkish Delight kualitas rendah dengan rasa Plain dibandrol seharga 30ribuan di Carefour Istanbul.

Kalau yang agak mahal saya beli di sebuah toko souvenir tak jauh dari Istana Topkapi harganya kisaran 200ribuan untuk 10-15 potong Turkish Delight. Rasa boleh dicampur sesuai selera.

BACA JUGA : Makan Biji Opium di Turki

2. Kopi Turki

Kopi dan krimer ala Turki

Jadi, kalau mau bawa kopi sebagai oleh-oleh kamu tak harus beli di toko souvenir, beli saja di supermarket semua isinya sama saja.

Harga kopi Turki di supermarket kisaran 15ribuan Rupiah aja kok tergantung ukuran.

3. Kerajinan simbol Evil Eye

Kerajinan tangan seperti gelang, cincin hingga gantungan kunci dengan simbol Evil Eye memang seakan terus memanggil bila kita melihat etalase toko souvenir.

Evil Eye jimatnya orang Turki

Gemez banget karena varian produk dengan simbol ini sangat banyak, mulai dari cincin hingga payung.

Saya merasa beruntung beli cincin Evil eye dengan harga 150ribuan dengan kualitas baik di Cappadocia. Ternyata kualitasnya sangat bagus.

Belilah, murah kok harganya. Gantungan kunci hingga kipas bergambar Evil Eye biasanya dijual kisaran harga paling mahal 35ribuan.

4. Safron

Iran dan Turki adalah penghasil Safron terbaik di dunia. Alhasil, harga Safron di Turki lebih murah dibanding tempat lain, tentunya kita juga dapat kualitas terbaik.

Safron asli Turki

Saya kebetulan belum paham betul manfaat Safron pada kesehatan, jadi tidak beli. Sampai, Indonesia baru nyeselnya terasa karena tak beli Safron.

5. Minyak Zaitun

Orang Turki menjadikan Zaitun sebagai bagian dari hidup mereka. Mulai dari buah hingga minyak, memang ternyata Turki Zaitun dengan kualitas terbaik.

Minyak Zaitun untuk diminum

Hampir semua lini perawatan kulit punya embel-embel Zaitun. Sabun Zaitun, shampo Zaitun hingga saya sempat lihat pasta gigi Zaitun.

Zaitun memang punya banyak manfaat, kebetulan saya minum Minyak Zaitun jadi langsung saja beli satu kaleng.

Harganya kisaran 150an untuk satu kaleng kecil minyak zaitun.

Selain 5 produk di atas, Turki juga punyakarpet dan keramik yang super gemez. Kalau ada uang, beli boleh. Tak usah khawatir pengiriman karena akan dikirimkan langsung ke rumahmu dengan garansi produk mulus sampai di tanah air.

Di mana beli oleh-oleh di Turki ?

Beli oleh-oleh di Turki sebenarnya tak harus di toko souvenir. Harga di toko resmi apalagi di tempat wisata tentu akan mahal.

Untuk kopi atau teh kamu bisa datang ke supermarket, kebetulan saya mendatangi mal kecil di Istanbul. Di dalam mal, ada Carefour yang tengah promo potongan harga untuk kopi dan coklat.

mal di istanbul untuk belanja oleh-oleh di turki
Mal di Istanbul

Menurut Travel Guide saya, makanan kecil, coklat, teh atau kopi lebih murah beli beli di supermarket. Ternyata memang benar karena sudah saya buktikan sendiri.

Bila mau belanja lebih puas, kamu bisa mendatangi Grand Bazzar yang berada di titik penting tempat wisata di Istanbul. Hanya saja, saya mendapati produk berkualitas rendah di produk ini.

Misalnya cincin Evil Eye di Open Air Museum yang saya beli punya kualitas ‘blink’ yang jauh lebih bagus dari di Grand Bazzar. Lucunya harganya separuhnya lebih mahal dari kualitas cincin yang saya beli di museum.

BACA JUGA: Naik Qatar Ke Turki

Bisakah nawar saat beli oleh-oleh ?

Orang Turki menurut saya ngak ada basa-basinya, tapi sesungguhnya mereka orang-orang berhati hangat.

Pria yang Genit banyak tapi kalau soal urusan dagang mereka ngak banyak debat alot soal turunin harga.

Kebanyakan turun dikit harganya tapi lebih banyak yang diam aja saat kita tawar.

Kalau saran saya, nawar sih boleh tapi kebanyakan harga pasti sudah terpampang jelas jadi ngak perlu nawar lagi. Kalau nawar boleh tapi dipelototin hehehe. ( Ngak masalah si kalau yang melototin Ganteng )

Ingat Kisanak, ini Turki bukan Tanah Abang.

Tips belanja oleh-oleh di Turki

Selain siapkan uang yang banyak dan isi ATMmu penuh, ada hal penting lain yang harus diperhatikan saat membeli oleh-oleh di Turki.

Perhatikan Kualitas barang

Ada harga ada kualitas, pastikan kamu lihat betul kualitas produknya. Saya menemukan produk lebih mahal memang punya kualitas bahan yang jauh lebih bagus. Jadi bukan karena toko A punya harga miring dibandingkan toko B. Memang bukan persaingan bisnis, hanya menjual kualitas yang berbeda.

Kalau buat koleksi atau dipakai pribadi, carilah produk yang punya kualitas bagus. Cari jilbab misalnya, bukan sekedar motif tapi cari kualitas kain yang adem.

Saran saya, kalau untuk dipakai sendiri cari di toko souvenir di dalam tempat wisata atau museum. Biasanya buatan cina tentunya dengan standart produk yang bagus ya. ( Jangan disamakan dengan produk cina di Indonesia, beda kualitas

Setiap Kota punya motif beda

Saat menyambangi Turki say mendatangi 5 kota berbeda yang punya ‘warna’ berbeda. Misalnya motif keramik di kota A jauh berbeda dengan di kota B.

Jadi, saat kamu naksir berat dengan motif tertentu di suatu produk beli saja. Kamu mungkin tak menemukan produk sejenis di tempat lainnya. Selama ada uang, beli aja dari pada kepikiran dan nyesel hehehe.

Harus pakai uang Tunai atau Gesek Debit/Credit Card ?

Selama kartu debitmu ada logo Visa transaksi tarik tunai di ATM bisa dilakukan dimanapun. Uang admin kisaran 25ribuan.

Gesek debit atau kartu kredit di toko langsung pun memungkinkan dan tidaklah sulit. Asal ada saldonya ya hehehe. ATM di Turki punya bahasa Inggris hampir di semua ATM berbagai Bank. Jadi, tak perlu khawatir tentang pilihan bahasa.

ATM di Turki

Semoga tips belanja oleh-oleh Turki kali ini bisa menjadi bahan referensimu. Ingat belanja boleh tapi jangan berlebihan karena uangnya lebih asik kalau buat traveling lagi.

Belanja oleh-oleh di Turki sangat menyenangkan. Hampir setiap kota dan toko punya produk berbeda yang semakin membuat gelora belanja seakan tak terhenti.

Liebe,

Turis Cantik

4 Comments

  1. Hastira March 6, 2020
    • Turis Cantik March 6, 2020
  2. Suryani Palamui March 10, 2020
  3. Khairul Anwar March 11, 2020

Leave a Reply

Instagram