Tips Traveling Traveling

Cara Packing Skin Care Traveling Anti Ribet!

Traveling bukan halangan untuk tetap merawat kulit, itulah sebabnya perawatan kulit alias skin care selalu saya bawa kemanapun. Loh, ngak ribet tuh Mbak Turis? Kenapa harus ribet, toh saya kini sudah sangat paham cara packing skin care saat traveling anti ribet!

Packing Skin Care anti ribet!

Urusan make up, saya ngak ribet karena sudah paham trik menggunakan make up yang ada tanpa harus membawa semuanya. Berbeda dengan skin care, yang seolah tahapannya tak boleh ada yang terlewat, saya agak sedikit detail tentang apa skin care yang harus dibawa termasuk cara mengemasnya.

Awalnya, cerita tentang pelembab wajah yang tumpah ke semua baju dalam koper atau isi tas yang harus ‘tumpah’ di pemeriksaan bandara, sudah menjadi cerita sehari-hari. Seiring dengan pengalaman dan sering tanya teman, saya pun menemukan trik paling mudah packing skin care saat traveling yang akan saya ulas kali ini.

BACA JUGA: 

Harus Bawa Skin Care Apa?

Mau bawa skin care apa saat trip? – foto: pixabay

Harus simpan dimana skin care nya? – foto: pixabay

Tipe skin care yang harus dibawa, memang disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri. Hal paling penting adalah kamu harus menghitung berapa lama kamu akan pergi, pergi ke wilayah mana terutama perhatikan cuaca lokasi tujuan dan tipe tas yang akan kamu bawa, apakah carrier atau koper. 
Jadi, berapa lama kamu pergi akan menentukan tipe botol skin care yang akan kamu bawa. Jangan sampai kehabisan dan kamu harus beli di negara tujuan. Kadang berat banget, harus mengeluarkan dana darurat hanya untuk membeli tabir surga dengan harga yang 20 kali lipat lebih mahal dari di Indo.
Cuaca juga menentukan, saya tidak pernah bawa body lotion di musim dingin karena hanya body butter yang akan bekerja melembabkan kulit dengan sempurna. Tabir surya yang spray, juga selalu jadi andalan saat musim panas, kadang tabir surya berbentuk lotion terasa sangat berminyak di kulit.
Tipe tas juga penting dipahami. Bila kamu membawa koper kamu harus membawa tas transparan. Bila kamu membawa ransel carrier kamu cukup bawa sejenis tas kecil yang diletakkan di bagian samping atau paling atas dari carriermu.  Nah, yuk sekarang kita siapkan apa saja perlengkapan packing skin care mu!

Persiapan Penting Packing Skin Care saat Traveling

Botol transparan untuk traveling

1. Kemasan Skin Care

Hal paling penting saat memilih skin care untuk traveling adalah memindahkan sebagian skin care mu, ke wadah yang lebih travel friendly. Travel friendly biasanya mengacu pada ukuran kecil maksimal 100 ml. Kamu jadi tak perlu keberatan membawa semua wadah full sizemu. 
  •  Botol Travel Size
Bawalah botol kemasan kecil khusus untuk traveling. Biasanya ada di watson atau guardian bahkan di market place. Kemasan seperti ini memudahkan pengemasan. Biasanya sudah disediakan spatula juga sticker nama skin care yang akan memudahkan kamu untuk mengambil skin care mu. 
  • Wadah Bekas Pakai 
Bila tidak mau membeli botol khusus, kamu cukup pakai wadah bekas pakai. Biasanya, saat tinggal di hotel saya selalu membawa botol sabun dan shampo yang tidak digunakan. Kapan-kapan saat harus traveling low budget dan tak tinggal di hotel, produknya tetap bisa saya gunakan. 
Untuk pelembab atau tabir surya, kadang saya menggunakan wadah bekas lensa kontak. Wadah seperti ini malah lebih praktis, setelah trip kamu cukup cuci atau buang. 
Bila kamu sering membeli skin care, kadang ada travel size yang berikan gratis. Nah, saat traveling kemasan sachet itulah yang saya gunakan. 
  •  Masking Tape
Masking Tape/ foto: pixabay

Setelah wadah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyimpannya. Saya selalu memberikan masking tape disekeliling di bagian atas botol atau jar agar tidak tumpah di dalam koper. Kadang meskipun kita sudah menutup rapat, kalau apes kadang tumpah juga.
Gunakan masking tape ya, bukan selotip biasa yang bening. Masking tape, biasanya tidak merekat banget tapi cukup kuat menahan botol agar tidak bocor atau tumpah. Kalau pakai selotip, biasanya susah banget bukanya. Kalau masking tape lebih mudah membukanya dan tidak membuat bekas lem di botol kita. 
  • Wadah tembus pandang / transparan 
Setelah semua wadah di lem, masukkan ke wadah yang tembus pandang alias transparan. Kenapa harus begitu? biar kamu ngak ribet harus buka satu persatu tas mu untuk kasih lihat kamu bawa skin care apa aja dan ukurannya berapa. 
Terutama bila kamu mau bawa skincare di kabin pesawat, pastikan ukurannya tepat dan wadah yang kamu bawa tempus pandang. 
Wadah tembus pandang, juga biasanya anti air dan memudahkan kamu dengan cepat mengambil skin care yang kamu perlukan.

2. Letakkan Skin Care dengan Tepat

Setelah semua skin care sudah di packing, hal yang harus diperhatikan adalah cara meletakkannya. Saya biasanya letakkan di setelah satu lapisan pertama baju di atas koper. Posisi ini paling aman, menurut saya karena baju bagian atas akan menahan goncangan dari luar dengan rapat. Saat terkena benturan dibagian atas koper, skin care akan tetap aman karena seolah ada yg menahan. Ini menghindari botol tumpah atau pecah. 
Bila menggunakan ransel atau carrier, saya justru meletakkannya paling atas. Simpel aja alasanya agar lebih mudah digapai, dan biasanya bagian dari carrie yang ditumpuk adalah bagian tengah bukan bagian atas.

3. Paham Aturan Moda Transportasi

Bila kamu naik moda transportasi lain selain pesawat terbang sih, menurut saya bebas aja tentang aturan barang cair yang dibawa ke atas pesawat.
Produk cair yang dibawa maksimal 100ml. Saya juga ngak sarankan kamu bawa produk spray atau aerosol ke dalam pesawat terkait keselamatan penerbangan.
Saran saya, bawalah skin care seperlunya tak perlu ‘kekeuh’ harus bawa semua tahapan perawatan kulitmu saat traveling. Kadang bawanya berat, dipakai juga ngak. Saya berharap, kamu tak bingung lagi cara packing skin care anti ribet saat traveling ya. Tentang packing make up akan saya tulis dalam tulisan berikutnya. Selamat jalan-jalan!

Liebe,
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik!

  TWITTER  *  INSTAGRAM   FACEBOOK PAGE  – Youtube

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: “ca-pub-6549573296716579”,
enable_page_level_ads: true
});

Leave a Reply

Instagram