Lifestyle Sponsored

Cek KLIK sebelum beli Obat dan Makanan


CEKKLIK BADAN POM – Jujur saja, dulu saya konsumtif dalam membeli produk perawatan kulit dan kecantikan. Kadang hanya karena alasannya lucu saya seakan lupa melihat kandungan produk. Pernah juga, beli make up karena harganya murah ternyata produk yang dibeli palsu.

cek klik bpom
CekKlik di Aplikasi BPOM Mobile 
Pernahkan kamu melakukan cek mendalam sebelum membeli produk baru baik obat, makanan hingga kosmetik? Saya sempat mikir bagaimana ya saya bisa tahu produk yang saya beli ini asli, terdaftar, punya komposisi produk yang ngak macem-macem? Untungya sekarang ada CekKlik yang bisa langsung di cek melalui aplikasi di ponsel.
Hey..beneran belum pernah dengar tentang CekKlik? Aih..kamu kemana aja, nih Mbak Turis kasih tau ya tentang CekKlik.

CekKLIK itu apa? 

CekKlik adalah kepanjangan dari Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluwarsa. CekKlik merupakan kampanye Badan Pengawas Obat dan Makanan ( Badan POM ) untuk mensosialisasi masyarak atas pentingnya melakukan cek produk sebelum membeli.
Belum lama ini, Mbak Turis bergabung dengan blogger lainnya untuk ambil bagian dalam sosialiasi kampanye Badan POM, CekKlik.
cek klik obat makanan
Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito
Talk Show bertajuk  “Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Yang Aman” ini menghadirkan narasumber  yaitu Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito, Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan, Ojak S. Manurung, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; dan Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta, Faturrahman dan Ussy Sulistiawaty Artis. 
Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyebut CekKlik merupakan sosialisasi BPOM agar konsumen lebih cerdas dalam memilih produk obat dan makanan yang aman bagi kesehatan.
Pelaporam atas produk tanpa ijin edar paling banyak dilaporakan konsumen pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Ketua YKLI Tulus Abadi menggarisbawahi pentingnya masyarakt untuk lebih cerdas mengecek kualitas produk sebelum membeli.
Jangan sampai hanya karena kemasan terlihat bagus, seolah kita melupakan hal penting lainnya tentang kualitas obat atau makanan yang akan kita konsumsi.
Untuk itulah, kampanye CekKlik harus disambut positif. Untuk konsumen yang suka belanja online tentunya mengecek produk adalah hal yang penting terutama apakah ijin edarnya sudah ada atau belum.
Kampanye ini juga diharapkan dapat m embangun awareness masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman, melalui kampanye Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) serta Aplikasi BPOM Mobile (2D barcode).

Aplikasi BPOM Mobile

Agar proses CekKlik lebih mudah, kini sudah ada aplikasi BPOM Mobile. Aplikasi ini memudahkan kita untuk melakukan pengecekan produk Obat dan Makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk. Aplikasi BPOM mobile dapat diunduh melalui Google Play dan App Store.

aplikasi bpom mobile
Aplikasi BPOM Mobile 
cek klik obat makanan
Cek Bar Code Produk 
sosialisasi cek klik bpom
Jangan lupa CekKlik sebelum belanja
Informasi yang didapatkan dengan memindai 2D barcode antara lain: Nomor Izin Edar dan/atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi.
Sekarang, setiap membeli produk baru saya langsung cek bar codenya. Informasinya sangat detail dan mudah dilakukan, kan tinggal scanning.

Nah, bila kamu memiliki keluhan atau pelaporan terhadap produk obat atau makanan yang dibeli, laporkan melalui  contact center HaloBPOM 1500533 atau mendatangi langsung ke Kantor Badan POM di seluruh Indonesia.
Manfaatkan aplikasi CekKlik saat membeli obat dan makanan, agar kita dapat jaminan semua produk yang kita gunakan bukan produk abal-abal.
Liebe,
Turis Cantik

Leave a Reply

Instagram