Traveling Trip Mancanegara

Ephesus Kota Tua Romawi di Turki


Ephesus kota tua romawi di Turki adalah kota tua peninggalan kejayaan Romawi di Turki. Wisata sejarah di Turki memang magis, tak perlu merogoh kocek dalam untuk pelesir ke Yunani atau Roma karena jejak Cleopatra pun pernah ada di Turki.

Marmer licin dan berkilau terpapar sinar mentari menyambut saya di pintu gerbang masuk menuju Ephesus.

Sebut saja bebatuan yang sebagian sudah hancur termakan usia itu sebagai gerbang. Toh, ribuan tahun lalu memang di sinilah pintu masuk utama menuju Ephesus.

ephesus kota tua romawi di turki
Ephesus Kota Tua Romawi di Turki


Terbayang rasanya, saat kaki telanjang warga memasuki kota tua Ephesus dengan pakaian melilit khas Yunani kuno yang mendatangi kota dengan kuda dan pedati.

Ephesus bukanlah kota tua biasa,
dahulu kota ini merupakan salah satu dari 12 kota anggota liga Lonia pada masa Yunani klasik.

ephesus jejak kejayaan roma di turki
Bagian depan Ephesus
ephesu kota tua romawi di turki
Ephesus saksi kejayaan Romawi di turki
ephesus kejayaan romawi di turki
Sisa kejayaan Romawi di Ephesus


Ephesus memiliki populasi lebih dari 250 ribu orang pada abad ke-1 SM, yang ketika itu menjadikannya sebagai kota terbesar kedua di dunia.

BACA JUGA : Hari Pertama di Turki


Ada apa saja di Ephesus ?


Layaknya sebuah kota, Ephesus dahulu merupakan pusat kegiatan masyakarat. Kamu bisa lihat lengkap pengalaman saya di Ephesus di kanal Youtube saya youtube/turiscantikdotcom



Layaknya sebuah kota padat penduduk, Ephesus punya banyak tempat mulai dari perpustakan, tempat berdoa, kamar mandi umum, tempat gladiator hingga pemakaman umum.

Ada beberapa spot yang menurut saya sangat menarik.

4 Lokasi Menarik di Ephesus


1. Kuil Medusa

Bila kamu pernah ke Yunani kamu mungkin sering melihat kuil Medusa di banyak tempat.


kuil medusa di ephesus turki
Kuil Medusa di Ephesus Turki


Ini kali pertama saya ke kota tua peninggalan Romawi, jadi melihat kuil Medusa yang masih berdiri tegak membuat saya sangat takjub

Letaknya ada di bagian depan dalam jalan miring menuju ke perpustakaan kota.

2. Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat paling ikonik dari Ephesus. Dahulu kabarnya ada perselingkuhan antara kaisar dengan seorang perempuan.

perpustakaan di ephesus turki
Perpustakaan di Ephesus


Sebagai tempat persembunyian, Sang Kaisar membangun lorong tempat di bawah perpustakaan ini, sebagai tempat pertemuan dengan kekasih gelapnya.

Itulah sebabnya mungkin, bangunan dengan pilar tinggi ini masih kokoh berdiri. Sebab, ada pondasi lain yang menopang di bagian bawah.

3. Tempat pemandian umum

Tempar pemandian umum sebenarnya sebagian sudah rusak parah akibat gempa bumi yang pernah menghantam Turki. Namun tempt duduk dan santai setelah mandi masih ada loh.

4. Arena Gladiator

Saat saya datang mengunjungi Ephesus arena gladiator tengah diperbaiki. Pengunjung hanya bisa duduk atau menaiki pijakan di bagian ujung kanan saja.

5. Pemakaman

Kapan lagi bisa melihat pemakaman dari masa kehidupan bangsa lain ribuan tahun lalu.

Tak banyak nisan di areal pemakaman yang berada di bagian paling belakang Ephesus. Mungkin hanya kaum bangsawan dan orang penting yang dikuburkan di tempat ini.

BACA JUGA: Belanja oleh-oleh di Turki


Misteri Kucing Ephesus



Hal lain yang menarik dari Ephesus di masa kini adalah keberadaan puluhan kucing. Saya kurang paham tipe dan jenis kucing, tapi kalau dari bentuknya mirip kucing Anggora.

kucing di Ephesus Turki
Misteri Kucing di Ephesus



Bulunya lebat, bersih, tak terlihat ada kutu di bulu dan kucing di Ephesus sangat sehat.

Menurut pemandu wisata saya, keberadaan kucing-kucing liar ini memang menjadi misteri tersendiri akan keberadaan Ephesus.

Tak ada yang merawat mereka secara khusus, pengunjung pun tak diperbolehkan membawa makanan kucing ke bagian dalam Ephesus.

Tak terlihat ada kotoran kucing berserakan, baunya saja tidak tercium sama sekali. Mereka disebut kucing liar karena memang tak ada yang memelihara.

Entah kenapa, kucing-kucing di Ephesus sangat ramah, mudah dibelai dan sangat mudah difoto karena mereka tak lari saat lensa kamera atau ponsel mengarah pada mereka.

Keberadaan Ephesus memang sangat magis dengan bebatuannya yang masih sangat kokoh. Bahkan gempa bumi tak dapat menghancurkan bebatuan yang kian di makan usia itu.

Pastikan kamu mendatangi tempat penjualan souvenir di Ephesus karena banyak penjual jus delima yang super enak, segar dan harganya murah.

BACA JUGA: Naik Qatar ke Turki


Harga Tiket Masuk Ephesus



Harga tiket masuk Ephesus 100 Turkish Lira atau sekitar 200 ribu rupiah ( tahun 2019 ). Harga belum terbaru jasa penterjemah atau alat sewa audio visual.

Ada diskon harga bila kamu masuk dengan rombongan minimal 10 orang. Kebetulan saya datang bersama rombongan, sehingga harga tiket masuk yang saya bayar bila dihitung perorang kisaran 100ribuan saja.

BACA JUGA: Makan Biji Opium di Turki


Jam Buka Ephesus Turki


Turki adalah negara 4 musim,sehingga Ephesus ditutup saat musim dingin antara bulan Januari – Februari setiap tahunnya.

Kebayangkan harus ke Ephesus di tengah salju, lantainya saja marmer pasti sangat licin. Berikut adalah jam operasional Ephesus diluar musim dingin.

April – Oktober

Buka setiap hari Pukul 08.00-19.00

November- Maret

Buka setiap hari Pukul 08.00-17.00


Saya berharap suatu saat kamu juga bisa menikmati pesona Ephesus Kota Romawi di Turki. Turki ditempuh tak jauh dari Indonesia dan harga trip yang lebih murah dari pada harus ke Yunani langsung untuk melihat peradaban mereka.

Mungkin saat pandemi Covid 19 ini sudah berakhir, kamu bisa datang ke Ephesus Kota tua Romawi di Turki yang mempesona itu. Tetap sehat dan semangat. Semoga kita bisa segera jalan-jalan lagi.


Liebe,

Turis Cantik

2 Comments

  1. Fanny_dcatqueen June 3, 2020
    • Turis Cantik July 4, 2020

Leave a Reply

Instagram