Traveling Trip Indonesia

Jalan Terjal di Tangga Bromo

The Bromo Team 

Mendaki bersama berondong 😉

Saya sering mendengar kisah pendakian Bromo yang berkesan, mulai dari teman yang menemukan jodoh hingga temen yang hobby banget datang ke bromo setiap tahun buat liat Kasada. Tidak berharap sih dapet jodoh ( sambil lirik pacar ) tapi saya  berharap merasakan pengalaman berkesan saat menapaki tangga menuju kawah bromo yang katanya jumblahnya ratusan itu.

Lelahnya Pendakian

Memanfaatkan tiket murah di awal
tahun, saya dan temen yang juga hobby naik gunung akhirnya berangkat sambil
berharap cuaca bagus buat motret.

Assalamualikum pemirsa hahahhaha

Rutenya saya ambil dari Jakarta
ke Surabaya, nginep semalam di Surabaya.Perjalanan dilanjutkan esok paginya
lewat jalur darat dari Surabaya ke probolinggo, sampai di proboolinggo tinggal
naik ELF ke bromo.
Kebetulan saya jalan bareng hanya
berdua jadi kami pun cari massa buat di racunin hehehe selain bayar lebih murah
banyak teman akan membuat anda lebih mudah mencari penginapan yang murah, sewa
elf dan sewa mobil rooftop yang murah juga karena kesannya rombongan.

Bukit Teletubbies 

Pasir Berbisik

Perjalanan dengan mobil elf tua
yang di isi 15an orang memang jadi pengalaman tersendiri, ada pasangan
pengantin baru, ada pasangan yang pendiam dan ada gerombolan mahasiswa asal
semarang brondong lucu yang sampai sekarang jadi berteman baik dengan saya.
Perjalanan dari probolinggo
menuju ke bromo memang berliku dan terjal, semakin mendekati Bromo semakin
banyak pemandangan indah dan kabut yang tebal.
Kaos tipis pun segera saya ganti
dengan tumpukan baju dan jaket tebal brrrr dingin banget serasa musim dingin di
rusia!
Sewa penginapan di bromo berkisar
antara 125-150 yang bisa di isi hingga 4 orang, biasanya memang penginapan
menyediakan kamar mandi lengkap dengan air panas. Bayangkan apa jadinya saat
anda mandi dengan air dingin di bromo brrrrr udah kayak mandi di air es.
Besoknya langsung sewa rooftop
dijemput jam 4 pagi. 
Di antar ke 4 tempat yang pertama adalah melihat matahari
terbit di pananjakan, abis itu ke bukit teletubbies, pasir berbisik dan
berakhir di kawah bromo. Tur dari jam 4 pagi berakhir di kawah sekitar pukul 10
pagi.
Sayang matahari tidak muncul
karena cuaca yang rada mendung pagi itu. Bukti teletubbies lumayan menyejukan
mata dengan hamparan padang hijau, memang mirip di drama anak anak teletubbies
khas saat tokoh toko teletubies berlarian di awal acara ;). Trus ada juga pasir
berbisik yang jadi setting lokasi film pasir berbisik yang dibintangi kembaran
saya Dian Sastrowardoyo. Sayang karena hujan pasirnya ngak berbisik karena kena
hujan mhhhh..cuaca oh cuaca

Capek narsis dulu ah 

capek foto dulu ah 

Yang paling berkesan tentunya saat menapaki kawah bromo.
Banyak orang yang naik kuda buat naik menuju kawah bromo, pulang pergi. Tapi
saya dan teman-teman memutuskan menapaki luasnya hamparan pasir dan menapaki satu
persatu tangga  kawah bromo. Mungkin Inilah
sebabnya mengapa teman saya selalu berujar saat naik gunung ‘ its not the
journey but the destanation’. Kalau anda naik kuda , ngak akan merasakan happy
dan berbangga diri saat sampai ke puncak. Saya ngak pernah terbayang saya mampu
menaiki tangga bromo dan melihat ke bawah betapa banyak dan luas saya telah
berjalan.
I’m truly proud of my self 😉

Kawah Bromo 

Tips :

  •  Saat
    naik elf jangan mau diajak cepet-cepet dengan bayaran lebih tinggi. Standart
    harga 35 ribu perorang. Anda hanya perlu menunggu satu jam sambil menunggu
    rombongan lain barengan naik mobil. Ngak usah kwatir ngak dapet teman barengan
    karena jalur ini satu-satunya menuju bromo dan anda bukan satu-satunya orang
    yang akan jalan so don’t worry. Makan aja dulu di warung ada soto dan sate yang
    enak banget warna catnya hijau sorry lupa namanya 😉
  • Sopir ELf emang suka rese, mereka suka nawarin penginapan yang murah-murah. Pilih
    penginapan yang paling dekat dengan bromo biar ngak susah bolak balik,artinya
    pastikan mobil sampai di tanjakan paling tinggi. Kalau mereka maksa diamkan
    saja anda berhak memilih mau tidur dimana, jadi turun aja jalan dan cari-cari
    kamar yang sesuai kebutuhan anda.
  •  Harga
    penginapan 125-150 tergantung besar kamar dan fasilitas. Kebanyakna memang
    menyediakan air panas meskipun harus gentian dengan penghuni lain. Tapi ada
    juga kok yang kamar mandi di dalam.
  •  Tawar-menawar
    saat naik jeep harus kenceng. Standr harga 450 satu mobil isi 5 orang. Cari
    yang diantar ke empat tempat ya ( pananjakan,pasir berbisik, teletubbies dan
    kawah bromo).
  •  Santai
    ajah kalau sopir jeep sms anda minta buru-buru. Diamkan saja anda sudah bayar
    dan anda bebas menikamati bromo lebih lama biasanya semua kelar jam 10 pagi.

Tips Cantik di Bromo:

  • Bawa lipbalm berspf tinggi biar bibir ngak kering 
  • Bawa air minum botol di dalam tas biar ngak
    dehidrasi
  • Walaupun dingin sunblock jangan lupa ya
  • Hand butter penting banget biar tanggan ngak
    kering
  • Body lotion yang cocok dengan jenis kulit pakai
    yang banyak di balik baju tebal sebelum jalan ya
  •  Pakai sepatu yang nyaman jangan sendal jepit
    atau sandal plastik ya
  • Baju tipis tumpuk atau jaket tebal jangan lupa
    dibawa eitts jangan lupa biar tetap hits pakai topi kupluk dan sarung tangan
    yang unyu ya 
      Have a nice trip 😉
      Liebe,
      Muthz

     PS: all photos by purbasari 

Leave a Reply

Instagram