Traveling Trip Mancanegara

Köln kota paling ‘wangi’ di Jerman

koln kota paling wangi di jerman
KOLN KOTA PALING WANGI DI JERMAN  Buat kamu duduk di sekolah dasar di tahun 90an pasti ingat tentang tukang jualan tisu basah dengan plastik biru yang biasa disebut ‘kolonyet”.
Tulisannya sebenarnya adalah Eau de Cologne, ditulis dalam bahasa Prancis yang berarti air dari Cologne. Saya tak pernah terpikir kalau ternyata Cologne adalah nama sebuah kota di Jerman yang merupakan tempat asal pembuatan minyak wangi pertama di dunia itu.
Nama kota itu sebenarnya Köln tapi mungkin karena sedikit susah dilafalkan, banyak orang diluar jerman menyebut kota ini sebagai Cologne.
Kota ini merupakan salah satu kota favourite saya di Jerman. Cologne menurut saya lebih rame di banding Bonn tempat saya tinggal waktu itu. Di Köln,  lebih banyak tempat wisata yang bisa dilihat, dan ada toko souvenir yang lumayan lengkap sampai tiga lantai dekat stasiun kereta.
Hampir tiap minggu saya ke Cologne, rasanya penasaran menyusuri kota ini. Pemandangan sungai Rhine dan kemagisan Cologne Cathedral yang berada di tengah kota membuat saya selalu pengen ke sini.

Hal yang paling menarik terlepas dari kisah tukang racik minyak wangi yang membuat kota ini mendunia memang adalah Kölner Dom atau Cologne Cathedral.  Gereja ini merupakan land mark atau ikon kota Köln.

Menemukan Gereja ini tak sulit, lokasinya tak jauh dari stasiun kereta Köln. Keluar stasiun kamu akan menemukan Gereja tua yang sangat besar. Seumur hidup, rasanya inilah pertama kalinya saya menemukan Gereja seindah ini.
Kölner Dom adalah Gereja terbesar di Eropa Utara yang masuk dalam World Heritage Site oleh UNESCO. Gereja katolik ini dibangun di  masa romawi yang didedikasikan untuk Santa Peter dan Bunda Maria. Gereja bergaya Gothic ini dibangun di tahun 1248.
Tak jauh dari Gereja ini ada museum coklat dan pemandangan sungai Rhine yang bagus banget.
Sulit sekali memotret keseluruhan Gereja, kecuali diambil dari jarak jauh. Tipsnya adalah meletakkan kamera mu di lantai kemudian memasang timer, trus tunggu klik!
Saya butuh bantuan teman dan lima kali motret untuk akhirnya bisa menghasilkan foto seperti dibawah ini.
Masih kepotong ya?…mhhh susah!
Pulang dari  jalan- jalan di Köln bisanya saya bawa banyak coklat dari museum coklat dan beberapa minyak wangi 4711. Wanginya menurut saya sih kayak tisu basah di kereta api, biasa aja dan bukan tipe wangi saya hahaha.
Padahal katanya minyak wangi ini sangat populer di abad XVIII salah satu pelanggan setiap minyak wangi ini adalah Napoleon Bonaparte dan Putri Diana.  
Pastikan Köln  ada dalam destinasi tujuanmu  bila berkunjung ke jerman ya
Liebe,
Turis Cantik
Bahan tulisan : wikipedia

Keep In Touch With Turis Cantik!

Leave a Reply

Instagram