Beauty

Maskne Jerawat Akibat Pakai Masker


Maskne adalah jerawat yang ditimbul akibat penggunaan Masker. Masker kain adalah hal mutlak digunakan saat masa Pandemi saat ini.

Tak jarang penggunaan masker sepanjang hari, menimbulkan masalah kulit baru yang kini awam disebut Maskne atau Mask Acne.

maskne jerawat akibat pakai masker
Maskne Jerawat akibat pakai Masker


Bagaimana sih cara atasi Maskne jerawat akibat pakai masker ? Apa pula penyebab utama kondisi kulit ini ?

Yes…saya tahu betul rasanya harus pakai masker kain sepanjang hari. Belum lagi dengan iklim tropis negara ini yang membuat rasanya gerah dan pengap. Mungkin bagian bawah wajahmu dari atas hidung hingga dagu pun merasakan hal yang sama.

BACA JUGA: Skincare untuk kulit berjerawat


Pakai masker kain itu penting, hukumnya wajib jadi bila kamu punya jerawat karen pakai masker. Jangan maskernya disalahkan, tapi cara pakainya dan cari tahu mengatasinya. Ini adalah pengalaman saya menangani Maskne.

Saya bukan dokter spesialis kulit, tulisan ini murni hasil literasi dan pengalaman pribadi. Pastikan konsultasi dengan dokter untuk memahami kondisi kulit dan penangannya lebih lanjut.


Penyebab Maskne Jerawat akibat Pakai Masker


Kebetulan kulit wajah bagian dagu saya punya produksi jerawat yang paling banyak dari bagian wajah lain. Kata dokter sih Hormonal dan produksi minyak di bagian dagu wajah saya lebih banyak dari areal lain di wajah.

penyebab maskne jerawat akibat pakai masker
Penyebab terjadinya Maskne


Lalu apa saja penyebab Mask Acne ? Kemungkinan paling besar terjadi akibat keringat dan sirkulasi yang kurang saat kita menggunakan masker.

Hal inilah yang membuat pori-pori kita mudah tersumbat. Pori-pori yang tersumbat tersebut akan berkembang menjadi jerawat meradang jika tidak ditangani dengan benar.

Banyak literasi dari dokter kulit yang juga menyebut Maskne mungkin juga disebabkan oleh seringnya gesekan masker dengan kulit yang membuat iritasi. Akibatnya bakteri di permukaan kulit akan masuk ke dalam kulit dan menjadi cikal bakal munculnya Jerawat.

BACA JUGA: 5 Tips penting atasi Jerawat


Kondisi kulit kita tentu berbeda, jadi jangan disama ratakan. Kalau saya, beda bahan kain saja bisa menimbulkan iritasi. Jadi saya tak pernah cocok pakai masker kain yang terlalu tebal bahannya.

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat akibat pakai masker ini ?


Cara atasi Maskne Jerawat Akibat Pakai Masker



1. Ganti masker kain secara berkala

Sesuai saran Departemen Kesehatan, masker kain memang harus diganti setiap 4 jam sekali. Bila kamu terpaksa harus keluar rumah atau bekerja, pastikan bawa lebih banyak masker untuk diganti.

Selain demi alasan kesehatan, mengganti masker kain secara berkala tentunya akan menghindari kotoran menempel di permukaan kulit selama penggunaan masker.

Biasanya saya bawa 6 masker. Satu untuk dipakai berangkat kerja, satu masker medis untuk di kantor, satu untuk perjalanan pulang dan sisanya untuk cadangan bila masker kotor, rusak atau basah.

2. Perhatikan bahan dan kualitas masker


Gunakan masker kain dengan bahan Cotton yang lebih terasa lembut di kulit. Hindari yang menyerap keringan seperti bahan Polyster kadang malah membuat wajah lebih cepat berkeringat.

Pakai masker sederhana saja, kamu tidak sedang Fashion Show dengan menggunakan masker penuh payet dan ornamen. Hanya untuk aksesoris tapi justru merepotkan karena seringnya makin pengap bila kain diselubung banyak benda lain di bagian depannya.

BACA JUGA: Merawat Kulit di kabin pesawat



3. Jangan pakai make up

Buat apa pakai makeup ? Kalau hanya bagian mata mungkin masih kece. Tapi kalau pakai makeup tebal seluruh wajah sih tidak disarankan.

Sisa foundation dan bedak akan menempel di masker tentunya akan membuat masker kian penuh bakteri. Simpan saja makeup di rumah, toh setelah pandemi kamu bisa kembali Makeup lagi.


4. Lebih sering cuci wajah

Bila kamu muslim usahakan cuci wajah dengan sabun sebelum sholat. Cara ini pas untuk membuat wajah tetap bersih.

Wajah yang bersih tentu membuat jerawat minggat kan.

5. Pakai Skincare sesuai kondisi kulit


Sesuaikan lagi skincare dengan kondisi kulit saat ini. Bila berjerawat jangan lupa pakai obat jerawat totol. Bila agak kering di bagian pipi, coba berikan hydrating toner dan pelembab lebih banyak. Sesuaikan saja dengan kondisi kulit saat ini.

jerawat akibat pakai masker
Atasi Maskne dengan tepat


Hal lain yang juga penting adalah merawat kesehatan kulit dari dalam yaitu minum air putih, istirahat cukup, makan sehat dan bebas stress. Dijamin wajah kamu akan bebas dari Jerawat karena dirawat dari dalam dan luar tubuh.

Jadi, jangan jadikan jerawat sebagai alasan untuk tidak menggunakan masker. Pakai Masker WAJIB saat pandemi. Bila Maskne Jerawat akibat pakai masker muncul, saya sudah kasih tahu cara mengatasinya. Selamat mencoba !


Liebe,

Turis Cantik

4 Comments

  1. Fanny_dcatqueen July 24, 2020
  2. farah July 24, 2020
    • Turis Cantik November 6, 2020

Leave a Reply

Instagram