Kuliner Traveling

Menikmati Biji Opium di Turki

Sepiring yoghurt dengan campuran madu dan taburan biji opium Turki mulus masuk ke mulut saya. Tak ada keraguan sama sekali mencicipi kudapan ‘tabu’ ala Turki itu.
biji bunga opium turki
Yoghurt, madu dan biji opium di Turki
Orang asal Cina di sebelah saya mengancungkan jempolnya tinggi-tinggi saat rekannya bertanya rasa biji opium itu. “Enak! ” Tuturnya dalam bahasa inggris.
Menurut saya, rasanya memang sangat enak. Perpaduan yoghurt tanpa rasa dengan manis madu yang pas seakan pecah di mulut setelah bersatu dengan rasa ‘gemericik’ biji Opium di lidah.
Sudah pernah coba perpaduan Yoghurt, Madu dan Biji Opium di Turki ? Yuk ikuti petualangan rasa tak biasa di Turki dalam tulisan kali ini.
BACA JUGA
 
 

Biji Opium di Turki

Opium merupakan tanaman semusim yang hanya bisa dibudidayakan di pegunungan kawasan subtropis.
Bunga opium biasa disebut Poppy
Bagian dalamnya berisi bijian hitam super mungil yang biasa digunakan untuk membuat heroin.
Biji inilah yang akan kamu makan sebagai taburan diatas yoghurt dan madu. Bijiannya belum diolah sehingga tidak punya efek kecanduan.
biji opium di turki
Yoghurtnya tebel banget ya 
Biji dari Poppy bisa kamu nikmati diberbagai kedai, restoran hingga toko souvenir di kota Anatoli, Turki.
Berasal dari kota inilah bunga Opium ditanam dan dibudidayakan. Turki masuk diantara 5 negara di dunia dimana opium legal dibudidayakan tentunya dibawah pengawasan PBB.
Biji Opium ini bukanlah barang tabu di Turki, mereka menggunakannya dalam bahan makanan, diatas roti hingga kopi.
Tentu kita ingat tentang Daun Ganja yang juga digunakan masyarakan Aceh untuk olahan makanan dan minuman dalam kadar wajar dan tidak untuk tujuan melenceng. Saya pernah makan dodol ganja, rasanya biasa aja heheheh.
BACA JUGA
 

Menikmati Biji Opium di Anatoli

Pria tambun itu berteriak riuh memaksa kami melonggok aksinya menuang isi yoghurtnya yang tak tumpah saat piring dibalik.
Itu tanda penting bahwa yoghurtnya asli dan berkualitas baik. Tambahkan sedikit madu dan taburkan biji opium diatasnya.
Sepiring kecil kombinasi cemilan Opium itu dihargai kisaran Rp 100.000an perpiring kecil.
kudapan manis khas turki
Penjual yang agresif menawarkan dagangan 
biji opium turki
Cara makannya boleh diaduk boleh tidak 
Yoghurtnya tanpa rasa dengan kekentalan yang terasa tebal di tenggorokan. Madunya punya rasa manis yang sedang sehingga tak merusak rasa yoghurt. Ada perpaduan menarik diantara keduanya.
Satu sendok besar biji opium ditabur diatas kombinasi yoghurt dan madu.
Awalnya agak ragu, tapi setelah satu sendok masuk ke mulut ada kombinasi rasa yang sungguh amat nikmat. Pernah makan biji wijen ? Atau Chia Seed ? Sensasinya seperti itu saya gigi mulai mengunyah biji Opium.
Tanpa wangi, tak ada rasa yang tajam terpadu manisnya madu dan padatnya yoghurt membuat hidangan ini terasa amat nikmat dimulut.
Ada temen berbisik ” kalau bawa pulang bijinya ketangkep imigrasi ngak ya di bandara ?”. Kalau saya sih ngak mau cari masalah jadi itu ide yang buruk hehehe.
Harus banget coba menikmati Biji Opium di Turki Sensasi kuliner yang menarik. Petualangan rasa tak biasa yang bikin kangen pengen coba lagi.
Liebe,
Turis Cantik

2 Comments

  1. Okta April 19, 2020
    • Turis Cantik April 19, 2020
  2. Pingback: Cerita Hari Pertama di Turki April 25, 2020

Leave a Reply

Instagram