Lifestyle

Perempuan Tangguh dalam Drama Korea

Sosok perempuan bukanlah sekedar pemanis visual. Dalam dunia sinema tak terkecuali drama korea, perempuan adalah sosok sentral dengan karakteristik mendalam serta memiliki ‘ketangguhan’ yang melampaui peran lelaki.


Berbalut hanbok hingga disorot dalam deraian air mata, sosok  perempuan tak biasa dalam drama korea selalu menjadi inspirasi saya dalam banyak hal.

perempuan tangguh di drama korea
Perempuan tangguh sumber inspirasi

Buat saya, nonton drama korea bukan sekedar hiburan tapi semakin lama dilalui, kebiasaan atau sebutlah hobby ini juga mendatangkan inspirasi dalam setiap aspek kehidupan.


Rasanya, saya merasa dekat dengan karakter perempuan yang mungkin digambarkan memiliki peran yang sama dengan saya. Menjadi ibu, istri, pekerja dan bagian dari masyarakat yang memiliki banyak konflik. Toh, jalan cerita inilah yang kini bak kacang goreng bagi penulis naskah drama korea.

Sadarkah kamu, kini sosok perempuan dalam drama korea seakan naik kelas dengan karakter yang lebih membumi, dekat dengan kisah nyata kehidupan modern dengan latar perempuan tanguh, kuat,bermental baja dan penuh inspirasi. 


Dari deretan perempuan tak biasa dalam drama korea ini lah saya mendapat asa dan inspirasi bahwa menjadi tangguh adalah bagian dari trah perempuan yang harus dimiliki.

Lalu, siapa sajakah mereka ? Mungkin mereka juga karakter perempuan inspirasi dalam dram korea versi kamu.


3 perempuan tangguh di drama korea 

Im ju-gyeong True Beauty

perempuan tangguh di drama korea
Drama Korea True Beauty


Im Ju-gyeong adalah cerminan banyak cewek ‘cupu’ di masa sekolah. Ya…cewek itu ya saya. Saat awal melihat versi webtoonnya, saya seakan bercermin akan diri saya dimasa sekolah. Bedanya saya cupu hingga sekolah masa sekolah usai.  


Ngak kenal makeup, bokek ngak punya duit buat beli majalah makeup, jadilah masa remaja saya masuk dalam tajuk ‘Rada Senep’ alias kurang bergelora. 

Berbeda dengan Im Ju-gyeong yang mampu bangkit dari bullying dan menata hidup kembali dan menjadikan masa remajanya lebih semarak. 
Kenapa ia layak kita sebut ‘Bukan Perempuan Biasa’  dan tangguh ?. 

Im Ju-gyeong buat saya bukan sekedar gadis tak percaya diri yang bertopeng makeup. Tapi, ia juga menjadi cerminan kasus bullying di sekolah yang hingga kini masih terjadi. Mungkin kamu pernah mengalaminya dan hingga kini masih trauma ? Mungkin adik, kakak atau kerabat terdekat pernah mengalaminya. 


Tak peduli bullying verbal atau non verbal, bullying adalah kejahatan yang menyayat jiwa dan raga bagi korbannya. Luka sayatan yang meskipun hilang akan membekas sepanjang hidup. Bukan hal remeh-temeh yang selesai hanya dengan kata Maaf. 

Im Ju-gyeong hadir untuk meyakinkan kita semua perempuan yang mungkin mengalami Bullying untuk stand for their rights. Adalah percaya diri, berani bergerak, berani bersuara dan jangan diam saat kita menjadi korban Bullying.

Jangan juga diam, saat perempuan lain menjadi korban Bullying. Jaga diri dan jangan diam saat menjadi korban bullying. 
Inspiratif banget kan ?!

Yo Ryung Catch the Gosh

perempuan tangguh dalam drama korea
Drama Korea Catch the Gosh


Tak jauh berbeda dengan Im ju-gyeong, Yo Ryung karakter utama  perempuan dalam drama korea Catch the Gosh juga membekas dalam hati saya.


Berkisah tentang polisi perempuan di stasiun kereta bawah tanah yang memecahkan kasus pembunuhan berantai. Meskipun tubuhnya kecil, wajahnya sendu tapi Yo Ryung punya kisah dramatis dalam hidup yang membuatnya menjadi pribadi yang tangguh.


Yo Ryung digambarkan kehilangan adik kembar yang diduga menjadi korban pembunuh berantai kereta bawah tanah. Rasa bersalahlah yang menghantarnya menjadi polisi untuk menemukan jejak sang adik yang diyakininya masih hidup. 


Pembabakan dalam setiap episode kian memikatkan hati pada sosok Yo Ryung yang setia kawan, berempati tinggi, tak pernah menyerah  meskipun hatinya merana karena sedih memikirkan sang adik yang hilang.


Mengapa Yo Ryung perempuan tangguh  versi saya ? Ia pantang menyerah dan yakin pada pendirian. Bayangkan belasan tahun ia harus menempa diri untuk menemukan sang adik. Tak pernah lelah mencari dengan keyakinan. 


Dalam hidup, kita harus belajar dari Yo Ryung bahwasanya bila kita yakin kita pasti bisa. Ibarat lentera, keyakinan akan membawa kita pada apapun yang mau kita jalani.


Istilahnya gampangnya, punya cita-cita tapi tak tahu kapan dan bagaimana mewujudkannya. Ya jalanin aja dengan yakin akan ada hasil di akhir. Jangan pernah takut bermimpi, mau ini mau itu, just make it yang penting yakin. 

Kim So-yong Mr Queen

perempuan tangguh dalam drama korea
Drama Korea Mr Queen


Kalau sosok yang satu ini mungkin favorit banyak perempuan. Drama korea Mr Queen memang tak biasa, terlebih sosok Kim So-yong yang agak nyeleneh, berani, bikin ngakak. Ngak kebayangkan ada ratu kerajaan seperti dia. 


Ya..Kim So-Yong tuh kita banget. Pernahkan, geregetan liat drama korea dengan ratu atau putrinya yang keknya hidupnya nelongso banget. Nah, kini terwakili banget versi ratu favorit kita. Ratu ‘belangsak’ yang terlihat lebih menjadi ‘manusia’ yang sesungguhnya.


Kim So-Yong adalah potret perempuan masa kini dengan balutan hanbok. Meskipun memang kisahnya pertukan jiwa masa kerajaan dengan masa milenial sih, ya wajar saja karakternya seperti itu.


Jadilah diri sendiri. Mungkin itu hal yang membuat saya sangat menjadikan sosok ini sebagai idola ( kawula muda ). Tak perlu takut kalau merasa tak salah, menjadi ‘nyaring’ menyuarakan keinginan adalah hal yang harus dilakukan dan jangan lupa bersenang-senang. 

Ah..untung ada Viu, bisa nonton 3 perempuan tangguh penuh inspirasi diatas sampai puas. Kadang kalau pengen ngakak ya ulang lagi nontonnya. Kadang saya nonton ulang lagi drakor yang saya suka.  Hiburan banget sejak langganan Viu. 

Nonton Drakor di Aplikasi Viu


Viu adalah  aplikasi nonton drama Korea, variety show Korea, dan film Korea terlengkap. Selain korea, kamu juga bisa menikmati dram dan film Asia lainnya mulai dari drama Jepang, Cina, thailand dengan banyak tema film dan drama. Mau tema horor? Romantis ? Parodi ? Semua ada!

nonto korea di aplikasi viu
Asiknya nonton drakor di aplikasi Viu


Buat ibu bekerja kayak saya yang sudah lelah ngurusin kantor, belum lagi urusan domestik rumah tangga, nonton Viu adalah hiburan yang sangat melapangkan dada.


Viu bisa diakses melalui ponsel yang membuat waktu saya tak terbuang sia-sia. Misalnya saat perjalanan dari rumah ke kantor, it takes 2 hours. Tak terasa dengan nonton Lee Min Ho. 

perempuan tangguh dalam drakor
Nonton drakor di Viu Indonesia


Antre di bank, lagi antre makan siang….tinggal buka ponsel. Buka aplikasi Viu maka pintu kebahagian pun terbuka hahaha. Tak sulit kok membuat Emak-Emak bahagia cukup bahagiakan dia dengan berlangganan premium di Viu. ( Semoga suami saya baca blog ini Ya Allah ). 


Pilihan tipe dram dan film juga menjadi alasan saya memilih Viu. Belum lagi variety shownya yang banyak pilihan. Kadang kalau punya waktu sempit tapi mau dihibur saya pilih nonton Variety Show.


Husshh..maaf ya, tulisannya harus saya akhiri! Oppa Kim Seo-ho lagi nunggu neh. Pokoknya nonton drama korea di aplikasi Viu ya!


Liebe,
Turis Cantik

14 Comments

  1. Lisdha March 30, 2021
    • Turis Cantik April 1, 2021
  2. Nurul Dwi Larasati March 30, 2021
  3. Fanny_dcatqueen April 5, 2021
  4. Rani R Tyas April 7, 2021
  5. Gita kelo April 10, 2021
  6. carnellin April 10, 2021
  7. Abigail Frida April 10, 2021
  8. winda - dajourneys.com April 10, 2021
  9. Tori April 11, 2021
  10. Tri Nurul Handayani April 11, 2021
  11. Eka April 11, 2021

Leave a Reply

Instagram