Tips Traveling Traveling

Persiapan Liburan ke Pantai Bersama Anak

LIBURAN KE PANTAI BERSAMA ANAK – Liburan ke pantai!  Yay!!  hal yang paling saya nantikan. Sebelum punya anak,  saya biasa mengkategorikan diri sebagai ‘anak pantai’  karena pantai selalu menjadi tujuan wisata ketimbang gunung.  
Setelah punya keluarga,  saya beberapa kali mengajak anak ke pantai.  Biasanya pantai yang jadi pilihan adalah pantai yang bersih (tanpa sampah),  ombaknya tak terlalu besar dan jaraknya yang tak jauh dari rumah. 
Ngak ada sih pantai yang jaraknya deket,  tapi pilihan saya biasanya yang tidak perlu menyebrang pulau.  At least, bisa ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi.  

Mengajak anak ke pantai apalagi untuk pertama kalinya juga perlu persiapan loh Moms.  Tidak semua anak merasa nyaman melihat air laut atau ada juga anak yang tak suka lama-lama terpapar sinar matahari. 
Seperti pengalaman teman blogger saya Alfa Kurnia yang gagal mengajak anaknya bermain di pantai karena sang putri Cinta takut bermain air di pantai.  
Berbekal pengalaman itulah, Alfa mulai membekali diri dengan cara-cara mudah untuk mempersiapkan anak liburan di pantai.  
Persiapan ini juga saya terapkan ke anak saya dan ternyata berhasil.  

1. Perkenalkan Dengan Suasana Pantai 

Saat pertamakali mengajak anak ke pantai,  paling baik adalah memperkenalkannya dahulu pengetahuan tentang pantai.

Misalnya,  dengan membacakan buku cerita atau menonton acara televisi bertemakan pantai.  Jadi anak punya bayangan tentang pantai itu apa?  Apa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai?  
Tentunya,  sambil diceritakan bahwa pantai adalah tempat yang asik.  

2. Pilih Pantai yang Nyaman

Penting sekali survey pantai yang pas untuk anak, sebelum memulai liburan. Kamu bisa baca dulu review teman atau blog tentang pantai tersebut.

Biasanya,  paling nyaman memang membawa anak ke hotel atau resort yang punya private beach.  Sudah pasti pasir pantainya bersih, disediakan handuk dan sandal,  sesudah ke pantai kita bisa membersihkan diri dari pantai dan langsung bobo deh di kamar.  Such a perfect combo! 
Jangan lupa, pilihlah waktu terbaik untuk ke pantai di pagi hari atau sore hari.  Jangan saat matahari sedang terik, anak jadi tidak nyaman bermain karena panas.  

3. Bawa Perlengkapan Pantai

Kegiatan anak di pantai pasti ngak jauh-jauh dari bermain di pasir.  Nah,  jangan sampai ketinggalan membawa perlengkapan bermain pasir dari plastik.

Misalnya sekop dan ember, biasanya dijual satu paket dan diikat dalam keranjang kecil.  
Jangan lupa juga bawa tikar lipat,  sunblock,  topi lebar dan kacamata hitam untuk anak. 
Khusus untuk sunblock biasanya saya pilih yang kemasan semprot jadi lebih praktis.  
Hampir sama dengan saya, Mbak Alfa paling sering membawa anaknya Liburan ke Pantai  . Walaupun sekarang menetap di Brunai Darusalam mengikuti suaminya bekerja, mbak Alfa selalu menyempatkan diri liburan ke pantai.

Selain ibu rumah tangga dengan dua anak,  Alfa Kurnia juga seorang Mom Blogger di blognya www.pojokmungil.com  Kamu bisa membaca berbagai tips parenting hingga kisah hidup di Brunai.  
Jangan lupa mampir ke blognya ya 🙂 
Liebe, 
Turis Cantik 

Leave a Reply

Instagram