Traveling Trip Mancanegara

Piknik Di Vondel Park Amsterdam

VONDEL PARK AMSTERDAM – Saya suka sekali piknik di taman kota.  Menurut saya, taman kota harus dimanfaatkan untuk tamasya bukan hanya sekedar sebagai area serapan air dan penambah warna ‘hijau’  di suatu wilayah.

Salah satu taman kota yang paling kece di jakarta mungkin ada di Taman Suropati,  di Tangerang Selatan ada Taman Kota di BSD,  di Bogor ada kebun raya bogor.  Nah kalau di luar negeri,  Vondel Park di Amsterdam menurut saya yang paling kece.

Tadinya, saya rada sebel saat teman saya mengajak ke taman ini, ngapain  jauh-jauh ke Amsterdam tapi kok hanya ke taman.  Tapi taman yang berada di jantung kota Amsterdam ini memang berbeda dari taman lain.

Bukan hanya karena luas nya dan kebersihannya, tapi taman ini pun telah menjadi saksi sejarah dalam detak kehidupan warga yang tinggal di Amsterdam.

‘The Hippies Home’ begitu teman saya menyebut tempat ini karena pernah menjadi tempat tinggal kaum Hippies yang nomaden alias tinggal berpindah-pindah di era tahun 1970an.

Vondel Park dahulu memang dikenal sebagai tempatnya kaum Hippies karena sejak tahun 1970an hingga kini menjadi tuan rumah penyelenggaran Open Lucht Theater.

Sebuah konser musik, pagelaran tari hingga teater yang diselenggarakan sepanjang bulan juli hingga agustus. Acara gratis untuk umum ini memang cukup dikenal di seluruh dunia yang menjadi salah satu daya tarik wisata kota ini. 

Vondel Park memang taman terbesar di Amsterdam, luasnya mencapai 47 Hektar. Taman ini dibuka pertama kali tahun 1864, dan dibangun atas sumbangan seluruh warga Amsterdam.

Lokasi taman ini memang strategis. Inilah yang menjadikan taman ini menjadi salah satu tempat melepas lelah bagi para turis.

Mudah sekali menemukan tempat ini karena bila kamu ke Amsterdam pasti akan menuju ke museumplein. Tempat ini merupakan satu wilayah wisata terutama museum yang bersebelahan. 

Nama Vondel sendiri diambil dari nama penulis puisi bernama  Joost van den Vondel yang patungnya juga berada di dalam taman. 
Namanya juga taman semua kegiatan bisa dilakukan disini mulai dari lari, piknik, sampai konser musik. 
Menurut saya taman ini memang persis seperti lapangan bola, hamparan rumputnya bagus banget, walaupun boleh diinjak tapi ngak ada yang kering dan tak tumbuh subur. Ada sebuah danau buatan berukuran kecil di tengah taman yang membuat suasana makin asik. Untuk menambah kesan alami ada bebek dan angsa di danau itu.

Saya beberapa kali ke Vondel park untuk piknik. Bedanya sama piknik di Indonesia, mungkin ngak ada yang buang sampah sembarangan. Saat tikar akan diangkat, warga dengan sukarela membersihkan tempat yang telah mereka pakai, termasuk memunguti sampah yang ada.

Tapi belakangan saya suka ngeri kalau ke taman ini sendiri, karena banyak yang suka bawa anjing tanpa diikat ihhh serem takut digigit ;( 
Lahannya yang luas membuat tempat ini memang menjadi favourite warga untuk piknik terutama di musim panas. Musim panas di Amsterdam menurut saya ngak terlalu terik, angin juga ngak bertiup terlalu kencang, paling enak memang musim panas di kota ini. 
Lokasi favourite untuk piknik ini pun pernah masuk Guiness Book of Record sebagai acara piknik terbesar di dunia di tahun 2009 dengan 433 peserta. 
Jangan lewatkan Vondel Park dalam listing tempat wisata kunjungan mu di Amsterdam.

Liebe,
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik!

Leave a Reply

Instagram