Traveling Traveller Mom

Review Faunaland Ancol Kebun Binatang Mini di Jakarta


REVIEW FAUNALAND ANCOL KEBUN BINATANG MINI DI JAKARTA – Faunaland Ancol adalah sebuah kebun binatang mini yang memiliki konsep edukasi dengan beragam satwa langka. Terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Faunaland menawarkan wisata untuk keluarga yang menyenangkan.

review faunaland ancol
Pintu Masuk Faunaland Ancol



Sudah lama sebenarnya, saya ingin mengajak anak-anak saya ke Faunaland Ancol. Belum lama ini, saya memenuhi janji untuk si kecil Aliando yang belum pernah dibawa ke kebun binatang.

Kebetulan lainnya, Faunaland juga terletak di kawasan Ancol yang ternyata tak jauh dari tempat hotel kami menginap.


Faunaland Ancol Punya Konsep Unik

review faunaland ancol
Taman Burung di Faunaland Ancol




Datang ke Faunaland Ancol ternyata membawa saya ke konsep kebun binatang yang sangat jauh berbeda dengan kebun binatang lainnya.

Faunaland yang terletak di dalam Eco Park Ancol ini mengusung konsep kebun binatang mini dengan tema interaksi langsung dengan hewan sekaligus edukasi. Koleksinya kebanyakan adalah hewan unik dan eksotis yang mungkin di tanah air, hanya bisa kamu lihat di Faunaland.

Di tempat ini, kita bisa menyentuh langsung kura-kura, mengelus bulu dan menunggangi kuda pony, hingga memberi makan Singa. Semua tentunya dengan pengawasan petugas yang profesional.

Tak seperti petugas kebun binatang lain yang seolah berada di balik layar, petugas di Faunaland sangat aktif menjelaskan ke pengunjung tentang hewan koleksi di Faunaland. Mereka juga bisa membantu memotret kita dengan hewan.

Datanglah ke koleksi burung yang dibiarkan bebas di Pulau Burung. Saya paling suka tempat ini, kita terasa dibawa masuk ke hutan dengan beragam burung mulai dari kakatua hingga Burung Beo.

Faunaland saban sore juga mengadakan pertunjukan hewan terutama burung yang dibuka untuk semua pengunjung.

BACA JUGA: PERSIAPAN LIBURAN KE PANTAI BERSAMA ANAK



Faunaland Ancol ; Mungil, Adem dan menyenangkan

review faunaland ancol
Faunaland dengan koleksi satwa langka dan unik



Koleksi Faunaland Ancol memang tidak sebanyak kebun bintang lain, karena memang arealnya juga tidak besar. Tapi, koleksi di Faunaland sangat tak biasa dan mungkin tidak ditemukan di kebun binatang lainnya di tanah air.

Di Faunaland ada berbagai satwa unik antara lain Singa Putih atau biasa disebut Singa Albino dari Afrika yang langka. Temui juga Kura-Kura Aldabra yang ukurannya sangat besar dengan rentang usia hingga mencapai 200 tahun.


Meskipun arealnya kecil, tapi semua titik dimanfaatkan dengan baik dan didesign seperti kita memasuki rumah aneka satwa bukan kebun binatang. Bedanya mungkin, hewan dimasukkan ke kandang.

Pohon-pohonnya besar dengan dahan yang rindang, terasa adem dan sejuk saat berjalan kaki memasuki areal kebun binatang.


Bukan sekedar melihat hewan, di Faunaland kamu juga bisa menunggangi kuda poni, menaiki River Boat dan melihat pertunjukan burung.

Tempat makannya ada sih tapi tak banyak. Tidak ada larangan bawa makanan tapi sepertinya tidak bisa gelar tikar seperti di kebun margasatwa Ragunan.

BACA JUGA: LIBURAN DI SEA WORLD ANCOL


Faunaland Ancol Harga Tiket

review faunaland ancol
Liburan keluarga di Faunaland Ancol



Harga tiketnya Rp 75.000/orang berlaku untuk Weekday dan Weekend. Anak diatas usia 2 tahun sudah harus bayar tiket.

Kamu bisa bolak balik sepuasnya selama tiketnya tidak hilang. Misalnya, kamu datang pagi tapi sore mau balik lagi. Bisa banget, cukup tunjukkan tiketnya pada petugas.

BACA JUGA: LIBURAN DI ASTON ANYER HOTEL


Faunaland Ancol Aturan Masuk Saat Pandemi



Saat pandemi aturan masuk Faunaland Ancol hampir sama dengan tempat wisata lainnya.

1. Orang dewasa harus sudah melakukan vaksin ketiga atau booster

2. Anak usia 6-12 tahun sudah harus vaksin dua kali

3. Anak dibawah 6 tahun boleh masuk dengan mematuhi protokol kesehatan dan pengawasan orang tua

4. Pakai masker adalah keharusan.

5. Tempat cuci tangan dan hand sanitizer tersedia diberbagai tempat dan mudah ditemui.

Jam Operasional Fuanaland Ancol


Faunaland Ancol buka setiap hari dari Pukul 09.00-17.00 WIB. Sementara pertunjukan burung dibuka pukul 16.00-17.00 WIB.



Faunaland Ancol bisa menjadi alternatif wisata edukasi untuk anak. Bukan sekedar lihat hewan tapi bisa berinteksi dengan hewan tentu menjadi pengalaman yang lebih seru untuk anak. Semoga Review Faunaland Ancol ini menjadi referensi untuk kamu yang mau liburan ke Faunaland Ancol akhir pekan ini.



Liebe,
Turis Cantik

2 Comments

  1. Lia Harahap September 17, 2022
    • Turis Cantik September 19, 2022

Leave a Reply

Instagram