Traveling Sponsored

Tetap Kerja saat Corona


Tetap kerja saat Pandemi Corona melanda mungkin harus dihadapi sebagian orang, tak terkecuali saya. Saat masa PSBB di DKI Jakarta ada 8 profesi yang diperbolehkan tetap bekerja termasuk pekerjaan saya di Media Massa.

Sebagai wartawan saya sudah melalui berbagai liputan mulai dari unjuk rasa hingga berada di zona merah ledakan bom dan peperangan. Tapi, berada di tengah pandemi virus yang tak kasat mata membuat hari-hari di luar rumah seakan mencekam.

kerjasaatcorona
Tetap Kerja saat Pandemi Corona



Saya tetap naik transportasi umum karena lokasi rumah di wilayah penyangga bisa butuh berjam-jam, bila harus ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Toh, saat keadaan ekonomi kian terhimpit kita semua harus berhemat dengan naik transportasi umum sebagai pilihan utama.

Seakan tak ada pilihan saat hidup kita kini seakan tak banyak pilihan terutama untuk memastikan dapur tetap ngebul. Bila kamu sekarang di rumah aja, kamu adalah pahlawan.

Bila kamu tetap bekerja kamu juga pahlawan buat keluargamu. Yuk bergandengan tangan dengan memahami apa saja yang harus dilakukan saat tetap kerja saat pandemi corona.

Tulisan ini sengaja saya tulis untuk berbagi pengalaman apa yang harus dilakukan untuk membuat otak tetap waras, hati tetap happy khusus buat kamu yang tetap kerja saat pandemi corona.


Persiapan Kerja saat Corona

tetapkerjasaatpandemicorona
Selalu gunakan masker saat keluar rumah !



1. Bawa barang seperlunya

Saya kini hanya bawa tas kecil yang isinya baju ganti, disinfektan, hand sanitizer, sarung tangan plastik dan masker.

Khusus masker saya bawa 3 buah. Saat perjalanan saya pakai satu, sampai kantor ganti dengan yang baru dan saat pulang berganti yang baru.

2. Bawa makan siang dari rumah


Kalau memungkinkan bawa bekal makan siang yang dibuat di rumah. Kalau bisa yang simple misalnya roti isi.

Bungkus dengan kertas roti atau kertas nasi, setelah selesai makan tinggal buang.

3. Ubah jam kerja

Bila kamu masih naik transportasi publik, pastikan kamu meminta ijin pada bos di kantor agar jam kerja bisa dimundurkan.

Hal ini mencegah kamu harus antre atai berhimpitan di transportasi umum.

4. Pastikan kantor memiliki fasilitas

Karyawan adalah aset, saat perusahaan memaksa karyawan tetap bekerja mereka harus memastikan memiliki fasilitas untuk membuat kita merasa aman.

Misalnya adanya pemeriksaan suhu badan, tempat cuci tangan hingga pemberian vitamin C pada karyawan.

Perusahaan juga harus memastikan kita bekerja di waktu yang lebih minim. Misalnya biasanya kerja 5 hari, saat corona harus 3-2 atau 2-2 masa kerja.

Semua perusahaan harus mematuhi aturan ini loh, bila tidak kita bisa melapor ke Kementrian Tenaga Kerja. Layanan pelaporan bisa dicek langsung di laman resmi kementrian Tenaga Kerja.



Aturan Tiba di Rumah saat Corona


Saya kutip langkah penting penyebaran Corona setelah pulang kerja dari berbagai sumber.

Saya melakukan tahapan ini karena penting untuk memastikan keluarga kita di rumah tidak terkena Virus dari kita yang terpaksa harus di luar rumah.

1. Saat tiba di rumah lepaskan semua atribut yang melekat. Sepatu,tas, kacamta biasa saya letakkan di halaman kemudian disempot disinfektan.

2. Rendam masker dengan air dan segera cuci di air mengalir kemudian jemur.

3. Baju, celana atau jaket harus langsung masuk mesin cuci untuk dicuci.

4. Cuci tangan dengan sabun kemudian mandi bersih.

5. Setiap 2 hari sekali sepatu dan tas akan saya cuci.


Hal lain yang juga saya lakukan dan paling penting adalah menjaga imunitas. Imunitas dijaga dengan bebas stres dan selalu berpikir positif.

Saya rutin minum vitamin, berjemur, olahraga ringan, banyak minum air putih dan banyak berdoa. Perhatikan kondisi tubuh, bila tak enak badan minta ijin untuk tak bekerja.

Saat kondisi sakit jangan dipaksakan, karena rekan kerja pun rentan tertular bila ada indiksi mengarah ke Covid 19. Amit-amit ya, semoga kita selalu sehat. Amin!


Perlukah melakukan tes corona ?



Saya yakin kita semua tak ada yang mau di luar rumah dalam kondisi saat ini. Membahayakan diri dan keluarga.

Tapi, kita juga harus mencari nafkah dan memastikan roda kehidupan keluarga tetap berjalan.

Perlukah orang yang tetap kerja saat pandemi corona melakukan tes corona, menurut saya penting.



Tahukan, kalau 80% Covid 19 menjangkiti OTG atau Orang Tanpa Gejala. Artinya tes corona penting dilakukam untuk jaga-jaga, karena kita tak pernah tahu kita ini Carrier ( pembawa ) atau bukan.

Saya dikasih tahu temen sebagai langkah awal ternyata bisa cek tanya jawab di Halodoc untuk mengetahui level risiko kita.

Tata caranya mudah, kita akan diberikan beberapa pertanyaan seputar keluhan kesehatan hingga riwayat perjalanan. Hasilnya kita akan diberikan level mulai dari rendah hingga risiko tinggi.

Berikut tata laksanannya ya.

tes corona di halodoc
Cara tes Corona di Halodoc



Mudahkan tes risiko Corona di Halodoc. Coba deh, biar khawatir kamu hilang karena tak semua gejala batuk itu indikasi terkena Covid 19. Semua kita semua selalu sehat.

Pesan saya, selalu ingatkan diri dengan hal positif setiap keluar rumah, bahwa Tuhan akan menjaga dan kita bekerja untuk mencari nafkah bagi keluarga.

Bersyukur masih bisa bekerja ditengah banyaknya orang yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan.

Saya yakin kita bisa melalui masa sulit ini. Tetap semangat kalau kamu tetap kerja saat pandemi Corona, semoga kita semua selalu sehat. Amin!.


Liebe,
Turis Cantik

32 Comments

  1. Rach Alida April 28, 2020
  2. Hastira April 29, 2020
  3. Rani R Tyas April 30, 2020
    • Turis Cantik April 30, 2020
  4. Abdul Majid April 30, 2020
  5. Enny dudukpalingdepan April 30, 2020
  6. Reni May 1, 2020
  7. Titis Ayuningsih May 2, 2020
  8. Adhe May 3, 2020
  9. Syaiful BS May 4, 2020
  10. Ani Berta May 4, 2020
  11. Teddy May 4, 2020
  12. Bibi Titi Teliti May 4, 2020
    • Turis Cantik May 4, 2020
  13. Jalan-Jalan KeNai May 4, 2020
    • Turis Cantik May 4, 2020
  14. Dede Abdurahman May 4, 2020
  15. MuL May 5, 2020
  16. Liswanti May 8, 2020
  17. Erny Kusuma May 8, 2020
    • Turis Cantik May 9, 2020

Leave a Reply

Instagram