Traveling Tips Traveling

5 Tips Aman dan nyaman Traveling Naik Bus

Traveling naik bus ? Kenapa tidak! Pernah dengar ngak trend baru paket wisata ke Bandung termasuk di antar jemput naik bus travel. Menurut saya sih, cara ini memecahkan solusi banget. Kamu bisa santai, tinggal duduk, menikmati tempat wisata, tidur dan bawa asik aja saat macet di jalan tak lama sudah sampai di depan pintu rumah lagi.
Traveling naik bus siapa takut? foto: pixabay
Pernah ngak sih kamu naik bus saat traveling? Enak loh, tak perlu mikirin rute atau tak perlu merasakan kaki pegal akibat nyetir mobil sepanjang hari.
Duh…membayangkannya aja sudah lelah hati ya. Saya dan keluarga paling sering wisata ke Bandung. Lokasinya dekat, tempat wisatanya banyak, makanannya enak pokoknya banyak hal yang cocok dan klik di hati tentang wisata di Bandung. 
Akibat sudah sering bolak balik Bandung dengan mobil pribadi, hingga naik kereta dan pesawat terbang kini kami lagi gandrung naik Bus ke Bandung. Pilihan naik bus ke bandung terutama bus shuttle juga banyak banget, bisa dipilih sesuai budgetmu saja. 
Asik banget loh naik Bus ke Bandung. Buat saya, faktor utama memilih bus adalah keamanan dan kenyamanan. Kalau  bus sudah terasa aman baik kesiapan armada, perangkat keselamatan sampi kru bus yang handal, pasti deh kita akan merasa nyaman saat naik bus travel. 
Nah, kalau kamu juga punya rencana wisata ke Bandung menggunakan bus, baca dulu deh 5 tips aman dan nyaman traveling naik bus berikut ini

Naik Bus saat traveling, perhatikan 5 hal penting ini !

Traveling dengan moda transportasi apapun termasuk bus, kita tetap harus teliti memperhatikan hal yang sebetulnya mungkin terkesan ringan tapi penting untuk memastikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Apalagi, kalau kamu naik bus dalam perjalanan yang lumayan jauh.

1.  Teliti memilih armada bus

Hal paling penting adalah memilih armada bus yang baik dan terpercaya. Armada bus, baik bus shuttle atau AKAP sekarang kan banyak sekali, kamu bisa menyesuaikan dengan budget tapi pastikan mereka punya pelayanan baik.  
Saran saya, gunakan jasa armada bus yang memang sudah terbukti punya sopir yang handal, bus yang bersih dan layanan perbaikan bus 24 jam. Bus pilihan juga harus memiliko standart keamanan berkendara yang baik misalnya penggunaan sabuk pengaman hingga peralatan kelengkapan alat keselamaatan yang tersedia lengkap. 

2. Perhatikan jam keberangkatan 

Armada Bus biasanya pasti punya jam keberangkatan, ada bus shuttle travel yang berangkat setiap jam sekali. Tapi, ada juga yang berangkat di jam tertentu. 
Perhatikan jam keberangkatan armada bus yang kamu tuju, cocokkan dengan jarak tempuh atau perkiraan pukul berapa kamu sampai di tujuan. Intinya, pastikan kamu tidak sampai di tujuan larut malam. 

3. Pilih kursi bagian tengah

Saya tidak pernah memilih kursi bus paling depat atau paling belakang, percayalah kepala bisa pusing karena hentakan paling terasa di depan dan belakang bagian bus. 
Saya pernah membaca literasi tentang mengapa duduk dalam bus lebih enak di tengah. Duduk ditengah paling aman karena manuver bus akan terasa lebih ringan karena bagian tengah tidak terdapat roda bus. Jadi, saat bus berbelok atau harus melewati polisi tudir bagian tengah paling ringan terasa goncangan. 

4. Jaga barang bawaan 

Bus punya tempat penyimpanan yang agak minim. Banyak bus bagus punya tempat penyimpanan tersendiri yang dijaga Kernet Bus. Tapi kalau bawaanmu banyak, agak ribet juga ya.
Bawa barang secukupnya saja ya karena dengan begitu kamu bisa lebih enak menjaga barang bawaanmu. 

5. Jangan beli tiket pada calo

Jaman sekarang sih, rasanya jarang ada orang beli tiket di calo, kecuali saat kepepet tak dapat tiket bus untuk mudik. Tak usah beli di calo Sis, beli aja di ecommerce misalnya seperti Traveloka yang menjual tiket bus dengan banyak tujuan dan pilihan arma bus termasuk juga harga yang bisa disesuaikan dengan budgetmu. 
Belum lama ini saya beli tiket shuttle bus Daytrans Bandung juga via online. Menurut saya beli tiket moda transportasi apapun termasuk bus, jauh lebih enak via online. 
Traveling naik bus kini semakin aman dan nyaman setelah kamu memahami tips yang sudah saya ulas diatas. Semoga bermafaat dan selama jalan – jalan!.
Liebe,
Turis Cantik

Leave a Reply

Instagram