Traveling Trip Mancanegara

Tips Mencari Makanan Halal di Korea Selatan

Mencari makanan halal di Korsel ternyata mudah! 
Makanan Halal di Korea Selatan  – Mencari makanan dan restoran halal saat traveling ke Korea Selatan sebenarnya ternyata cukup mudah. Hal paling penting adalah mempersiapkan diri dengan panduan lengkap berburu makanan dan restoran halal di korea selatan sebelum kamu berangkat, sehingga wisata kuliner halal bisa tetap kamu lakukan selama traveling. Kamu beruntung datang ke blog saya tips lengkap mencari makanan hingga restoran halal di Korea Selatan akan saya tulis dalam blog post kali ini.
Saya rajin datang ke Tourist Information kemana pun saya traveling, tak terkecuali saat ke Korea Selatan. Sebuah buku kecil panduan lengkap restoran dan makanan halal di Korea Selatan yang sangat lengkap, saya sadur dalam bentuk tulisan yang lebih lengkap dalam tulisan kali ini. Saya berharap kamu tak perlu ragu datang ke Korea Selatan karena menemukan restoran dan makanan halal ternyata sangat mudah.

 
 
 
BACA JUGA: 
 
 
 

Korea dan Islam

Islam adalah agama minoritas di Korea Selatan, namun setiap tahunnya kementrian pariwisata korsel terus berbenah untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim dari seluruh dunia, termasuk menyediakan fasilitas masjid, makanan dengan sertifikasi halal hingga restoran yang menyediakan makanan halal.
Komunitas Muslim di Korea Selatan berdiri dibawah pengawasan The Korean Muslim Federation atau KMF. KMF berdiri sejak Oktober 1964, berpusat di Seoul Central Masjid yang berada di Yongsan-gu, Seoul. KMF juga memiliki tugas untuk memberikan label dan sertifikasi halal, mungkin kalau di Indonesia fungsi dan tugasnya hampir serupa seperti Majelis Ulama Indonesia ( MUI ). Bukan hanya soal sertifikasi, tapi juga menjadi rujukan umat Muslim dalam banyak hal yang berkaitan tentang Islam.
Ada sekitar 60 Masjid tersebar di Korea Selatan, dengan jumlah umat muslim seratus ribu lebih ( data tahun 2017). Jumlah umat muslim yang terus bertambah, termasuk juga tingginya animo wisatawan asing datang ke korsel membuat kementrian pariwisata korsel bersiap dan terus memperbaiki fasilitas.

Ayam Gingseng ala Korea yang Halal 
Makan makin enak karena Halal
Paling mudah memang, menemukan makanan halal bila kamu berjilbab yang merupakan identitas agamamu. Penjual makanan akan mencirikan, kalau kamu seorang muslim. Berdasarkan pengalaman, penjual makanan akan bilang kalau makanan mereka tidak halal, pemilik restoran juga akan berbaik hati memberitahu dimana kamu dapat menemukan restoran halal.

 
BACA JUGA: 
 

Kategori dan Logo Restoran Halal di Korsel

 
Makanan halal di Seoul 
Kategori Logo Muslim Friendly di Korsel 
 
Paling mudah menemukan restoran halal dimana pun sebenarnya adalah mencari restoran vegetarian atau restoran India. Di pesawat kalau ragu, saya juga memilih menu vegetrarian. Tapi, tak semua orang suka makanan vegetarian kan.
Di Korea Selatan, Restoran halal ada beberapa kategori dengan logo yang berbeda, yang harus kamu betul-betul perhatikan.


1.Halal Certified

Restoran yang memiliki logo ini merupakan restoran yang telah memiliki sertifikasi halal yang terdaftar di KMF ( MUInya Korsel ). Biasanya, logo ini ada di restoran tradisional makanan korea.

2. Self Certified

Semua makanan yang dijual di restoran ini Halal dengan jaminan pemilik restoran. Biasanya koki utama dari restoran adalah muslim yang menjamin makanan dan minumanan yang dijual melalui prosedur dan dijamin halal. Logo Self Certified banyak dijumpai di restoran Asia, India atau restoran makanan vegetarian.

3. Muslim Friendly

Logo ini tidak menjamin semua makanan yang dijual halal, tapi mereka menyediakan makanan halal bila ada yang memesan. Tak perlu takut soal peralatan masak, saat logo ini dipasang pemilik restoran menjamin makanan yang kamu makan halal, termasuk ketersediaan peralatan masak khusus.

4. Pork Free

Logo ini menunjukkan, bila restoran tersebut tidak menjual makanan atau olahanan makanan dari daging babi. Tapi biasanya alkohol tersedia. Tidak adanya olahan daging babi merupakan pertanda, restoran ini bisa jadi menyajikan makanan vegetarian dan hanya tak menyediakan daging babi tapi daging lain ada. Double check bila masih ada keraguan.

BACA JUGA: 
 
 

Pilihan restoran Muslim Friendly kini sangat banyak, saran saya datanglah ke restoran khas korea selatan. Jangan ke restoran India atau Asia lain, kamu kan lagi di korsel, masa cobain masakan khas negara lain. Pilihan restoran halal di korea selatan terutama di Seoul kini beragam. Berikut adalah restoran halal favorit saya di Seoul, Busan dan Pulau Jeju. Saya ambil foto dari buku panduan, tapi saya bisa pastikan masakannya enak, harganya terjangkau dan dijamin halal!.

Restoran Halal di Seoul

Restoran halal di Seoul sebenarnya kebanyakan di dominasi dengan makanan India, Nepal hingga Jepang. Mereka kebanyakan masuk dalam kategori ‘menyediakan menu khusus halal’. Dari sekian banyak salah satu restoran otentik yang saya suka bernama Chaegundaam yang berlokasi di kawasan Gangnam. Restoran halal paling banyak memang ada di sekitar pintu keluar stasiun kereta, nah restoran ini ada berada tak jauh dari pintu keluar stasiun Samseong.

Restoran Cahaegundaam, Seoul 
Restoran lain yang bisa menjadi pilihan adalah:

1. Balwoo Gongyang 


Berada di sekitar pintu keluar stasiun kereta bawah tanah Jonggak  ( Seoul subway line 1)

2. Osegyehyang 

Restoran hanya membutuhkn waktu Lima menit jalan kaki dari stasiun kereta Anguk

Selebihnya, restoran India jumlahnya banyak banget, kadang di sepanjang jalan yang sama ada satu atau dua restoran. Kalau tak ada pilihan karena sudah lapar, restorang halal ala India bisa menjadi pilihan. Makan aja asal ngak lapar, besok-besok kan bisa cari lagi restoran dengan hidangan khas korea yang halal. Di kawasan sesak dengan wisatawan misalnya Myeongdong atau Hongdae, kamu akan dengan mudah menemukan restoran halal Korea, India atau Turki.

Restoran Halal di busan

 
Kawasan industri seperti Busan juga memiliki banyak restoran halal. Berbeda dengan Seoul yang lebih didominasi restoran dengan makanan India atau Turki, di Busan restoran yang menyediakan makanan halal lebih banyak restoran dengan makanan khas Korea
 
1. Restoran Won Halmae Bokguk 

Restoran halal di Busan 

2. Restoran Hurgsiru 

Makanan halal di Busan 


Restoran Halal di Pulau Jeju

Pulau Jeju, merupakan destinasi wisata dengan jumlah restoran halal yang tidak banyak, tapi ada kok. Bedanya dengan tempat lain, kuliner di Jeju terutama di musim panas sangat enak karena kita bisa menikmati hasil sayuran, buah dan ikan yang lebih segar di banding tempat di Korea Selatan.



1. Restoran Badajanchi 

Makanan halal di Pulau Jeju



2. Restoran Mulmegol 

Restoran halal di Pulau Jeju

Apakah Makanan Pinggir Jalan Halal?

Street Food Halal di Seoul 
Makanan pinggir jalan di Seoul 
Jajan malam di Seoul 
Cemilan halal di Seoul 
Tak lengkap datang ke Korsel tanpa menikmati sensasi Street Food alias makanan pinggir jalan. Apalagi, kalau kamu adalah pecinta Drama Korea, pasti makan di pinggir jalan jadi salah satu impian.
Saya tidak menjamin makanan di jalanan halal, tapi kamu bisa bertanya. Saya kebetulan bertanya dan penjual jawab halal. Kalau kamu ragu, cari makanan jalanan di sekitaran masjid atau pemukiman muslim. Di Hongdae kamu bisa menemukan jajanan halal di sepanjang jalan menuju Masjid Hongdae ( saya lupa nama masjidnya, pokoknya di kawasan utama Hongdae ).
Jangan lupa bertanya lagi ke penjual. Kamu juga bisa mencari kudapan yang relatif ‘aman’ misalnya buah, jus buh atau kentang goreng. Intinya jangan ragu bertanya ya, petunjuk cara bertanya dalam bahasa korea ada di bagian bawah tulisan ini. Keep on reading.

BACA JUGA: 

Cara Bertanya Makanan halal dalam bahasa Korea

 
Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai wisata kuliner  makanan halal di Korea Selatan adalah mendatangi Tourist Information. Saya sangat menyarankan kamu datang ke tempat ini, saat traveling kemana pun, bila memang belum menemukan tempat yang dicari.

Bila tak ada waktu, bertanyalah pada orang lokal. Orang Korea Selatan, tak bisa bahasa inggris? Mudah, bertanyalah dengan bahasa Hangul.

1. HALAL GOGI EYO ? ( apakah daging ini halal?)


2. EUMSIGE SOOL NEOCHI MASEYO. ( tolong jangan menambahkan alkohol dalam menu )


3. GIDOSIL EODI EYO? ( dimana masjid atau mushola ? )


4. YOUNG EO MENUPAN INNAYO? ( apakah ada menu dalam bahasa inggris )

Paling mudah adalah gunakan kata HALAL dengan gaya bertanya, mereka pasti akan paham maksud kita.

Sertifikasi Halal Untuk Produk Makanan Kemasan

Sertifikasi Halal makanan kemasan 
 
Selain restoran dan makanan siap santap, kamu juga bisa membeli makanan kemasan yang memiliki sertifikasi halal. Termasuk minuman rasa pisang favoritnya Song Jong Kie loh. Sertifikasi Halal sebenarnya di dapat dari negar importir produk tersebut, tapi ini pertanda bahwa kandungan produk tersebut layak dikonsumsi di negara muslim dan masuk dalam kategori Halal. Kamu bisa membeli produk di atas, di toserba atau warung kecil pinggir jalan.

Berhati-hatilah saat membeli makanan kemasan di Korea karena bahasanya kita tidak paham dan logo halal sepertinya ada pada restoran tidak pada logo di kemasan produk makanan atau minuman. Jangan segan bertanya ya.

Menemukan restoran dengan makanan halal di Korea Selatan, ternyata cukup mudah kan. Saya berharap, tulisan ini bermanfaat agar perjalananmu makin enak dan nyaman dengan mudahnya wisata kuliner makanan halal di Korea Selatan.

Liebe,

Turis Cantik

Sumber Tulisan: Muslim – friendly restaurants in Korea ( hand out tourist book ) 

No Responses

Leave a Reply

Instagram