Traveling Tips Traveling

Tips Sukses melewati Petugas Imigrasi di Bandara

Petugas imigrasi di bandara internasional, terutama di negara maju selama ini dikenal galak dan garang. Padahal tidak semua begitu, toh profesi mereka memang menuntut untuk detail melihat orang asing yang akan masuk atau keluar dari negara mereka. Berdasarkan pengalaman, saya banyak melihat orang yang keluar dari antrean, ribut soal cap di paspor hingga hal detail lain yang membuat mereka harus dibawa ke ruang khusus. Dari beberapakali traveling, saya dua kali dibawa ke ruang khusus imigrasi. Pengalaman yang bikin takut sebenarnya. Dari pengalaman itu, saya mulai menyusun cara sukses dan lancar melewati petugas imigrasi di bandara internasional.

tips lancar melewati petugas imigrasi di bandara
Sukses dan lancar melewati petugas imigrasi di bandara

Pengalaman ‘ditahan’ Petugas Imigrasi

Hal pertama tentang pertamakali ke luar negeri adalah rasa takut dan deg-degan tentang segala hal, salah satunya saat harus melewati petugas imigrasi.
Di pengalaman pertamalah Mbak Turis harus ditahan petugas imigrasi Prancis. Akibat kesalahpahaman, petugas mungkin mikir sulit berkomunikasi dengan saya. Petugasnya perempuan dengan bahasa inggris logal Prancis yang bikin saya agak bingung dengan pertanyaannya.
Ahirnya petugas lain membawa saya ke sebuah ruang tak jauh dari gate imigrasi. Bagian dalamnya persis seperti tempat antrean loket pengusuran SIM di kepolisian. Nama kita akan dipanggil satu-persatu.
Tiba giliran saya, petugas hanya menanyakan tujuan wisata saya kemudian saya dipersilahkan keluar. Sepertinya saya terkena Random Security Check. Kalau dipikir-pikir pengalaman pertamakali keluar negeri dan harus kena Random Security Check tuh agak apes ya hehehe.
Kedua kalinya saya dibawa ke ruang imigrasi bandara akibat saya lupa membawa kertas identitas yang diberikan di atas kabin pesawat. Sebenarnya kadang kertas itu ngk perlu, kadang petugas juga hanya ambil tanpa cek detail lagi. Tapi sepertinya, saya kembali terkena random check. Kali ini petugas imigrasi hanya saya minta 5 menit duduk, tanpa ditanya lagi sudah disuruh keluar. Aneh bin ajaib ya.

Tahapan melewati petugas imigrasi di bandara internasional

tips sukses dan lancar melewati petugas imigrasi di bandara
Tahapan melewati petugas imigrasi bandara 
Petugas imigrasi akan ada di bagian pertama yang akan kamu temui setelah turun dari pesawat. Antrean dibagi menjadi dua, antrean paspor domestik dan paspor asing. Antrelah dengan tertib dan jangan memancing kegaduhan misalnya tertawa terlalu keras atau menyerobot antrean orang lain.
Selanjutnya kamu akan menunggu giliranmu tiba untuk dipanggil petugas. Paspor kamu akan diminta untuk mencocokkan identitas yang tercantum dengan data yang ada. Tes pencocokan retina mata, sidik jari dan foto di paspor atau visa dengan wajah aslimu.
Kadang ada yang tanya ada juga yang diam aja. Setelah selesai ucapkan terimakasih kemudian segera ambil bagasimu.

Apa saja yang biasa ditanyakan?

Sepanjang pengalaman saya, ada petugas yang diam saja tapi jarang banget terutama bila kamu baru mau masuk ke negara itu. Saran saya, bila kamu tidak bisa bahasa inggris bilang dari awal sehingga petugas tidak menilai kamu menggunakan kata yang salah atau pura-pura.
Lalu apa saja pertanyaan yang biasanya diajukan petugas imigrasi di bandara internasional?

1. Berapa lama tinggal?

Ingat betul waktu tinggalmu di negara itu yang tercantum di visamu. Jangan jawab 6 hari, tapi di visa tercantum 10 hari.

2. Urusan apa di negara tersebut?

Sebutkan dengan pendek saja alasanmu ke negara itu. Apakah wisata, kerja atau alasan lain. Tak perlu detail menjelaskan, toh kode tujuanmu ke negara itu tercantum di visa.

3. Akan tinggal dimana?

Pertanyaan umum tapi jawab aja dengan singkat. Jawab di hotel wilayah mana, tak usah hapal nama jalan kok.

Tips sukses melewati petugas imigrasi di bandara internasional

tips lancar dan sukses melewati petugas imigrasi di bandara
Sukses melewati petugas imigrasi di bandara 

1. Jangan gugup dan panik

Saya percaya, orang kalau panik dan gugup dari gerak-gerik hingga air mukanya aja keliatan.
Tak ada yang perlu gugup dan panik, santai aja kecuali kamu memang masuk daftar pencarian orang ( DPO ) kepolisian hehehe.

2. Jawab pertanyaan dengan singkat dan lugas

Saran saya sih, tak perlu menjawab dengan detail dan panjang apalagi kalau kamu tidak punya kemampuan bahasa yang baik. Singkat saja, toh kita harus bikin sesi tanya jawab ini berlangsung singkat dan cepat karena antrean di belakang sudah mengular.

3. Jangan lupa senyum

Senyum will always a good idea. Senyum bikin kita rileks dan ngak panik. Kalau ngak paham pertanyaannya, jawab aja ” Sorry, my english is so bad!” sambil senyum ya hehehe.
Tips sukses dan lancar melewati petugas imigrasi di bandara ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi bila ke luar negeri saat solo traveling. Saya kerap tidak melewati bagian imigrasi di bandara karena kadang saya tugas liputan dengan ijin khusus yang dibuatkan untuk kegiatan jurnalistik. Sehingga untuk negara tertentu yang sebetulnya imigrasinya lebih sulit, saya ngak punya pengalaman.
Intinya, pengalaman melewati petugas imigrasi ibarat bertemu calon pacar baru. Keliatanya bikin deg-degan dan gugup, tapi kalau ngobrol sudah ngalir ya akan lebih rileks.

Selama kamu mau menjalani wisata, tugas kantor atau apapun itu dengan niat baik di negeri orang, semua hal akan dimudahkan. Bila harus apes kebagian ‘ Random check’ santai saja, malah justru kamu harus bahagia bisa melihat bagian imigrasi bandara yang mungkin selama ini hanya lihat di layar tv hahha. Selamat jalan – jalan dan jangan lupa senyum!.

Liebe,
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik

  TWITTER   INSTAGRAM   FACEBOOK PAGE  – Youtube


Leave a Reply

Instagram