Lifestyle Traveling

Tips Tetap Semangat Saat Bekerja

SEMANGAT SAAT BEKERJA – Bekerja bertahun-tahun ditempat yang sama, ketemu orang yang sama, rutinitas yang sama setiap hari, kadang membuat kita bosan.

Pucuk pimpinan mungkin berganti, nominal gaji mungkin bertambah tapi sepertinya yang paling sulit adalah mempompa semangat agar produktivitas tetap berkobar seperti menjelang tanggal 27 ( tanggal gajian kantor saya 😉

Saya pernah mengalami bekerja di tempat yang tidak nyaman, bukan hanya karena iklim kerjanya yang sudah tak asik, tapi gaji yang tak kunjung naik pun membuat saya gerah. Jangankan semangat, baru sampai gerbang kantor, rasanya kok mau balik lagi ke rumah heheheh.
Nah, kalau sekarang kamu sudah punya pekerjaan idaman, gaji yang sesuai, iklim kerja yang nyaman tapi tetap merasa tidak produktif saat bekerja, kamu sepertinya kurang memupuk semangat. Gimana sih caranya tetap memiliki semangat bekerja yang terus berkobar?
Mungkin kamu harus mengikuti saran dari teman Blogger saya  Mbak Nining Dalam blognya Mbak cantik ini dengan gamblang memaparkan tips mudah agar kamu bisa tetap semangat.


1. Konsumsi Makanan bergizi

Menurut mbak Nining, kerja itu harus dalam kondisi kesehatan yang prima. Kalau kamu ngak enak badan atau bahkan sakit, mau berangkat kerja aja rasanya tidak semangat kan. Jadi, pastikan kamu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Paling pas kalau kamu membawa bekal makan siang dari rumah yang sudah pasti sehat dan bersih. Selain sehat membawa bekal juga lebih menghemat uang kan 😉

Lebih asik kalau janjian dengan teman lain untuk membawa bekal sehat dari rumah, kan kalian bisa menjadi Geng Bekel hehehhe


2. Sempatkan waktu untuk ngobrol dengan rekan kerja

Di kantor rekan kerjamu adalah bagian dari keluarga mu! Jatuh bangunnya perusahaan tergantung dari kerjasama kalian bukan? Nah, menjaga kekompakan juga bisa dengan meluangkan waktu ngobrol di sela-sela pekerjaan dengan rekan kerja.
Husss..tapi jangan sampai jadi ngobrol kelamaan, bergosip, ngomongin Bos, sampai kebanyakan selfie ya. Nah kalau yang terakhir tuh saya banget 😉

Punya teman kerja yang solid juga akan membantu kita untuk menciptakan iklim kerja yang asik dan tidak membosankan. Memang ada teman yang ngak asik, rese, penjilat, kebanyakan gaya..ahhh itu sih biasa, dimana-mana juga ada.

Bertemanlah dengan orang yang menurut kamu memang pas dengan kriteria teman yang baik menurutmu.

3. Dendengarkan Lagu-lagu favorit sambil kerja

Mbak Nining percaya banget kalau mendengarkan musik saat bekerja akan mempengaruhi mood kita. Pilihan musik sih tergantung selera ya, tapi kadang musik instrumental membuat pikiran lebih relaks dan bebas stres.

4. Lakukan peregangan Tubuh

Bayangkan bila kamu bekerja dari pukul sembilan pagi sampai  pukul lima sore dengan posisi menghadap layar komputer dan terus duduk, mungkin hanya di selingi makan siang sebentar…duhh pegel deh tuh badan!

Lakukan peregangan tubuh yang simple agar otot tubuh kamu tidak terlalu kaku dan pegal seharian.
Tambahan dari saya atas saran Mbak Nining, yang mungkin bisa membantu kamu tetap semangat bekerja.

1. Banyak Minum Air putih

Saya memang memaksakan diri untuk minum air putih paling tidak satu liter setiap hari. Cara paling mudah untuk mengukur berapa banyak air putih yang diminum adalah dengan membeli air mineral ukuran satu liter dan meletakkannya di depan meja kerja.

Tidak harus membeli satu liter air mineral baru tiap hari, cukup tambahkan dari air yang tersedia di dispenser kantor ( sekalian pengiritan ini sih namanya ya 😉

Banyak minum air putih, juga memaksa saya untuk bergerak dan jalan, at least ke toilet karena 30 menit untuk buang air kecil.

2. Touch up Make up

Me time saya adalah saat merias diri. Kadang menyempatkan diri ke kamar kecil atau kadang langsung di depan meja saya ‘mendempul’ ulang makeup yang telah sejak pagi nempel di wajah.

Kebetulan saya bekerja di ruang berAC, lotion atau body butter juga mutlak diaplikasikan ulang.


3. Manfaatkan Cuti Tahunan

Saya kadang suka heran sama teman yang tidak pernah mengambil cutinya. Ingat itu adalah hak kamu sebagai karyawan yang harus dimanfaatkan dengan baik. Saya jadi ingat teman saya yang bekerja di sebuah perusahaan Jepang, ada peraturan bahwa setiap karyawan harus menghabiskan seluruh cutinya dalam setahun.

Kalau di perusahaan tempat saya berkerja, tidak ada peraturan tertulis tapi memang kebutuhan karyawan saja mau diambil atau tidak.

Waktu cuti adalah saat kamu bisa memupuk kembali semangat bekerjamu, memang rasanya malaassss banget saat memulai untuk kembali bekerja pasca liburan panjang. Tapi percayalah, liburan akan membuat kamu lebih semangat, at least semangat menabung untuk liburan selanjutnya yang lebih asik 😉
Saya rasa semua orang punya caranya masing-masing untuk memompa semangat…Ayoo yang malas saat bekerja..semangat! semangat! semangat!
Hey..jangan lupa dong kenalan sama Mbak Nining yang sudah kasih kita Tips agar tetap semangat dan produktif di tempat kerja.

Wajar aja kalau Mbak yang bernama asli Dwi Sari ini memberikan tips semangat di tempat kerja, karena mbak Nining sudah 11 tahun bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi, setelah akhirnya memutuskan untuk menjadi Ibu rumah tangga dan blogger. Silahkan berkunjung ke rumah maya Mbak Nining di http://www.kisekii.com ya 😉

Liebe,
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik!

Leave a Reply

Instagram