Traveling Trip Indonesia

Tamasya ke Taman Bunga Nusantara Cipanas, Jawa Barat

TAMAN BUNGA NUSANTARA – Saya salah satu orang yang suka sekali ke taman. Menurut saya taman yang penuh dengan bunga dan tanaman rindang bukan hanya menyejukkan mata tapi juga membuat hati bahagia.  Kadang saya sengaja membawa putra saya Alessandro untuk piknik di hamparan rumput atau lari bebas di taman.
Belum lama ini saya dan keluarga berkunjung ke Taman Bunga Nusantara,Cipanas, Bogor. Saya tertarik ke tempat ini, setelah seorang teman mengunggah fotonya di hamparan taman yang indah, saya pikir di luar negeri ternyata lokasinya ngak jauh dari Jakarta. 
Menurut teman saya tempat ini cocok untuk membawa anak, udara yang sejuk dan taman yang luas akan memuaskan hasrat anak untuk bermain dan berlari. Alessandro putra saya lagi senang-senangnya berlari, walaupun halaman rumah kami lumayan besar tapi tetap aja kok kayaknya kurang areal bermain dan berlari untuknya. 
TAK SABAR MAU TAMASYA/ photo dok pribadi 

Ternyata setelah saya browsing, taman di tempat ini bukan hanya satu, tapi ada sejumlah taman dengan konsep menarik dan unik. Meskipun saya awalnya sedikit ragu, mengingat perjalanan menuju kawasan Cipanas selalu macet parah, tapi demi memenuhi rasa penasaran saya pun berangkat.
Taman Bunga Nusantara terletak di wilayah Cianjur Jawa Barat. Digagas oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin, istri mantan pejabat di era orde baru Bustanil Arifin. Ibu suhardani dikenal sebagai pencinta bunga dan tanaman, kecintaannya pada flora  khususnya  bunga dan tanaman hias ini lah yang akhirnya mencetuskan di buatnya taman ini .
Lokasinya, memang pas untuk dijadikan taman, karena udaranya yang dingin, hawa yang sejuk dan hamparan taman dengan aneka bunga dan tanaman benar-benar memanjakan mata. Seakan, lelah setelah berjibaku dengan macet terbayar sudah. 
ALESSANDRO DAN VIRZA / photo dok pribadi 
BANGUNAN UNTUK GEDUNG PERNIKAHAN/ photo dok pribadi 
Di Taman ini, kita dapat melihat hamparan bunga beraneka varietas, yang bukan hanya koleksi tanah air tapi juga sengaja di datangkan dari berbagai negara. Putra saya Alessandro dan keponakan saya Virza terlihat sangat menikmati kunjungan ke taman kali ini. Saya sampai lelah mengejar mereka yang lari kesana kemari, biar lah mudah-mudahan saya turun lima kilo! 
Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati hamparan bunga di taman ini, kamu hanya cukup membayar Rp 30.000/per orang. Tambah lagi Rp 10.000 bila kamu ingin keliling tempat wisata ini dengan naik Dotto Trains atau Garden Trem. Saya sih sarankan pakai tiket yang plus transportasi di dalam taman, karena lokasi taman cukup luas dan berjauhan. Kalau jalan ‘gempor’ juga 😉 

ADA YANG KHILAF INJEK RUMPUT / photo dok pribadi 

Nah taman apa yang harus kamu datangi di Taman Bunga Nusantara?
1. Taman Perancis 
sumber
Sesuai namanya taman ini memang memiliki desain masa Renaissance Prancis lengkap dengan bentuk geometrisnya.Taman ini dihias dengan Perdu Taiwan dengan bentuk hiasan taman yang di Perancis di sebut Parterre atau sulaman di atas tanah. Gaya taman ini memang identik dengan masa kekuasaan Kaisar Louis XIV di abad ke 17 yang terkesan Perancis banget. 
2. Taman Dino 


OMMA DAN ALE DI TAMAN DINO/ photo dok pribadi 

sumber
Taman ini merupakan favourite putra saya Alessandro. Sepanjang perjalanan menuju taman ini dia selalu berkata ‘wowww!!!’ saat melihat kepala Dinosaurus dari kejauhan.
Tidak berisikan Dinosaurus beneran kok ( ah mana mungkin 😉 , hanya tanaman yang menyerupai Dinosaurus. Paling asik juga kalau selfie di tempat ini karena jadi banyak yang tanya ” Foto dimana sih ?” 😉 kasih  tahu ngak yaaaa…
3. Taman Rahasia 
sumber
Sebenarnya taman ini memiliki konsep Taman Maze atau yang lebih dikenal sebagai Taman Labyrinth. Rada ngeri sih masuk taman ini takut pusing karena ngak menemukan tempat keluar.  Akhirnya saya hanya foto-foto aja di depan taman heheh. 
Selain tiga taman ini masih ada beberapa taman lainnya misalnya taman mawar, taman kaca,  taman jam  dan lain-lain, tapi menurut saya yang paling cantik dan beda tiga taman diatas. 
 TAMAN BUNGA DALAM KACA / sumber

TAMAN MELATI / sumber
Kalau rada bingung mau ke taman mana dan rute jalannya gimana, kamu  bisa membeli peta yang disediakan di tempat bayar tiket harganya hanya Rp 1.000.
Bosan ditaman, kita bisa bermain di arena permainan yang disediakan. Ada berbagai permainan anak mulai dari bom-bom car, kincir sundul langit, super go cart hingga arena naik kuda-kudaan. Taman ini juga menyediakan fasilitas untuk foto prewedding hingga pesta pernikahan dengan konsep taman. Tempat makan juga tersedia jadi ngak perlu keluar areal taman lagi. 
ARENA PERMAINAN ANAK / photo dok pribadi

Tips Wisata asik di Taman Bunga Nusantara

1. Pakai baju yang hangat karena cuacanya dingin, ngak usah pakai celana pendek deh nanti masuk angin hahaha.
2. Meskipun cuaca dingin tapi paparan sinar matahari kadang sedikit terik jadi jangan lupa pakai sunblock, paling asik yang bentuk spray 
3. Jangan usil dengan memetik bunga, sadarlah ada kerja keras perangkai bunga dan taman yang berupaya membuat indah taman. Kecuali kalau bunganya jatuh sendiri, berarti itu rezeki kamu 😉
4. Rumput bukan sintetis jadi jangan injak rumputnya ya 
5. Kalau mau Selfie Sukaizih jangan terlalu over,  misalnya sampai merusak taman dan bunga. Ingat taman bukan milik pribadi, masih  banyak orang lain yang ingin menikmatinya. 
6. Bawa stroller maakkk…jangan sampai ketinggalan. Membantu banget kalau anak udah capek, tapi kita juga capek kebanyakan jalan masa sih udah capek masih harus gendong ;(
7. Jangan buang sampah sembarangan ah, udah banyak tong sampah kan.
Kalau kamu suka ke taman, menghirup udara sejuk, dan butuh ‘menyegarkan’ pikiran dari hiruk pikuk hidup, TAMAN BUNGA NUSANTARA bisa menjadi pilihan. Lebih asik kalau jalannya bersama teman dan keluarga, atau sama pacar, gebetan, cem-ceman pokoknya jangan sendiri deh nanti galau, karena banyak orang pacaran di taman  😉 
Liebe, 
Turis Cantik 
sumber
TAMAN BUNGA NUSANTARA 

Jalan Mariwati KM 7

Desa Kawungluwuk

Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat 

Senin – Jumat
08.00 – 17.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional
08.00 – 17.30 WIB

HARGA TIKET: 

Tiket masuk:  Rp 30.000 
Tiket masuk +  transportasi keliling taman: Rp 40.000
Tiket Parkir Mobil: Rp 10.000
Tiket Parkir Motor: Rp 5.000 
Tiket Masuk Wahana Bermain: Rp 10.000 

More about Turis Cantik

FACEBOOK FAN PAGE

TWITTER

INSTAGRAM

PINTEREST 

Leave a Reply

Instagram